Ayo kita mengenal Google Classroom  yang mempunyai Segudang Keunggulannya. Utamanya, bagi para pelajar atau mahasiswa sedang mengikuti studi SFH alias Study From Home.
Manfaat-Google-Classroom-Untuk-Belajar-Online
Melalui sistem belajar online atau Daring dalam jaringan. Bagi seorang pendidik dituntut sedemikian kreatif agar mampu memberikan pelajaran bagi sang murid.
Dengan kenyataan tuntutan diatas, solusi untuk belajar dirumah ialah dengan melalui Google Classroom. Aplikasi ini cukup penting untuk mendukung proses pembelajaran, antara para sisiwa dengan gurunya. Penasaran bagaimana cara kerja sistem google Classroom yang dimiliki raksasa teknologi ini?

Google Classroom, Metode Belajar Online Yang Unik Dan Menarik

Metode belajar dalam jaringan (daring/online) booming ketika kemajuan teknologi yang semakin berkembang pesat, solusi ini dinilai sangat efektif. Melalui Google Classroom, baik seorang guru maupun siswa, merasa begitu terbantu ketika mengerjakan tugas. 

Tujuan Dan Cara Kerja

Peluncuran aplikasi Google Classroom ialah mendukung mobilitas pembelajaran. Melalui Platform aplikasi Google yang satu ini, seorang guru tidak perlu hadir secara langsung di dalam kelas. Namun tetap mampu menyampaikan materi kepada peserta siswa-siswi.
Konsep cara kerja aplikasi Google Classroom adalah dengan mengkolaborasikan Google Drive. Yaitu, sebagai media pembuatan serta pendistribusian job description, sheets, Google Docs, Gmail, google calendar hingga yang lainnya. Seorang siswa akan diinvite dengan kode personal atau otomatis diimpor oleh domain sekolah yang memiliki.
Melalui ruang media online seperti ini diharapkan interaksi dunia pendidikan dapat berlangsung sesuai rencana. Aplikasi ini juga memungkinkan para penggunanya untuk berbagi tugas, file hingga kegiatan belajar yang lainnya secara online. Sehingga seorang guru akan lebih mudah untuk melakukan pemantauan proses belajar untuk para siswa mereka.

Keunggulan Google Classroom

Google Classroom mempunyai tujuan utama sebagai sistem belajar dengan media online, tentunya aplikasi Google Classroom mempunyai keunggulan. Berikut keunggulan rinciannya;

Hemat Waktu. 

Keunggulan pertama Google classroom adalah hemat waktu dan juga efektif. Seorang siswa tidak perlu lama mengunduh tugas yang diberikan oleh seorang guru. 
Seorang siswa secara otomatis akan login melalui Google Drive dan berbagi tugas secara online. Seorang Guru juga akan lebih gampang dalam melakukan sjeumlah penilaian terhadap hasil belajar yang telah diberikan.
Pembelajaran model ini dianggap cukup efektif dan efisien. Sebab, baik seorang murid maupun guru dapat secara langsung berbagi komentar walaupun sedang tidak bertatap muka. Sehingga penjelasannya dirasa semakin lengkap dan dapat diterima.

Meningkatkan Komunikasi Dan Kerjasama

Belajar online ini tidak hanya membantu seorang guru. Namun belajar online juga dapat meningkatkan sistem kerjasama hingga komunikasi yang lebih baik. 
Seorang Guru dapat secara cepat mengirimkan pemberitahuan terkait kegiatan belajar mengajar bagi para siswanya. Selain itu, seorang siswa juga dapat menyimak guru ketika terdapat diskusi yang tengah dilakukan.
Ketika terjadi kesulitan dalam belajar, maka dengan google Classroom mampu mengembangkan kerja sama diantara semuanya. Google Classroom akan memberikan sejeumlah keuntungan dalam hal pengalaman dan keterampilan partner belajar mereka.

Setting kelas Instan

Melalui aplikasi Google Classroom, akan ada beberapa kelas instan tanpa adanya bertatap muka. Selain dianggap cukup praktis, kelas dalam jaringan terbukti mampu meningkatkan kualitas pendidikan. Fitur berupa interface-nya lebih simpel dan mudah dipahami oleh seorang penggunanya.

Data Tersimpan

Ketika ada kesulitan untuk mendownload materi belajar yang sering dikeluhkan seorang siswa kini telah ada solusinya. Google Classroom secara khusus mampu menyatukan beragam bentuk file, didalam satu pusat data. 
Google dapat menyimpan datanya sebagai eLearning beserta kegiatan tahun ajaran dengan metode penyimpanan Cloud yang ringan. Selain itu, sistem ini juga dikenal aman, sehingga tidak perlu khawatir jika data yang digunakan akan menghilang.

Fitur Canggih

Google Classroom memberikan sejumlah pengalaman yang cukup berbeda, teknologi dari google ini dinilai mampu diandalkan. 
Beragam fitur kerennya dapat dimanfaatkan secara optimal. Bagi anda yang masih penasaran, berikut beberapa fitur yang dapat anda dapatkan;

Arsip Pembelajaran

Fitur arsip ini dapat membuka peluang pengarsipan, Setiap kursus yang diberikan oleh para pendidik. Layanan ini secara otomatis membuat file akan dihapus melalui beranda. 
Serta adanya fitur Arsip dapat membantu guru untuk mengatur kelas yang ada. Ketika semua data dokumen diarsipkan, baik seorang siswa atau seorang guru tetap dapat melihatnya. Namun, jika anda ingin mengeditnya harus dipulihkan terlebih dahulu.

Aplikasi seluler. 

Sejak diperkenalkan pada awal Januari 2015, Google Classroom telah tersedia di perangkat Android dan IOS. Para pengguna Google Classroom dapat dengan mudah mengambil gambar atau foto, sampai berbagi tugas, meski dalam keadaan offline sekalipun.

Mengetahui Tugas Dengan Mudah

Di fitur google Classroom anda dapat lebih mudah menyalin, mengedit hingga mengerjakan tugas yang diberikan oleh pendidik. Terlebih, jika anda dapat memilih untuk mencantumkan lampiran  file tambahan melalui drive ke tugas yang sudah disediakan.

Penilaian Yang Cepat (Grading)

Google Classroom secara penuh mendukung sepenuhnya dari cara penilaian yang berbeda-beda. Hal ini dilakukan untuk kemajuan para siswa, khususnya untuk sejumlah aktivitas seperti mengedit hingga berkomentar.
Tugas yang sudah dinilai dapat dikembalikan melalui komentar, sehingga murid dapat merevisinya jika ada kesalahan yang perlu diperbaiki. Namun, otoritas pengeditan hanya dapat dilakukan oleh seorang guru, kecuali filenya dikirim ke siswa.

Keamanan Personal

Keunggulan selanjutnya yang disukai pengguna adalah tidak ada tampilan iklan apapun melaui sistem interface ini. Sehingga, data pengguna tidak akan dipindai untuk kepentingan bisnis iklan. 

Laporan Originalitas

Fitur ini diperkenalkan pada tahun 2020, yang tentunya masih baru, belum lama dikenalkan. Layanan ini memungkinkan seorang guru atau juga siswa untuk melihat bagian dari tugas yang dihasilkan, sistem ini mampu membantu seorang siswa dalam meningkatkan kualitas tulisan atau tugas yang diberikan.
Seorang Guru selain dapat melihat laporan orisinalitas, dapat langsung memverifikasi integritas akademik dari tugas siswa yang telah dikirimkan. 
Pada G Suite for Education (free alias Gratis), guru mampu mengaktifkan laporan orisinalitas untuk 3 tugas. Namun, Pembatasan ini dicabut pada Google Apps for Education yang mempunyai sistem berbasis berbayar.
Melalui metode belajar baru ini tentu antara guru dan siswa tidak perlu repot hadir di kelas nyata. Namun demikian, proses belajar melalui Google Classroom mudah diterapkan. Dan dapat diakses dimana saja, kapan saja. Tidak perlu takut ketinggalan berita, karena akan ada fitur pemberitahuan.
Apalagi, anda dapat mengakses aplikasi Google Classroom melalui sejumlah perangkat seperti Android dan IOS. Pembagian tugas juga dinilai lebih jelas. Semuanya menjadi lebih rapi. 
Apalagi sistem ini transparansi terhadap penggunanya. Sehingga google Classroom mampu memberikan pengalaman dalam kegiatan belajar mengajar untuk masa depan. 
Asyiknya lagi, di Google Classroom ini memungkinkan penggunanya untuk saling melengkapi, selayaknya didunia nyata. Yuk lihat lebih lengkap metode pembelajaran baru ini ya! Semoga tulisan artikel ini membantu juga: Google classroom tidak bisa mengirim tugas
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *