Google Adsense adalah salah satu produk google yang menjadi sumber pemasukan terbesar bagi Google lalu bagaimana cara kerja Google AdSense di website.

Jika anda mencari tahu tentang Google adsense, maka hal ini tidak terlepas dari produk google yang bernama google ads.

Karena kedua produk Google tersebut seperti dua sisi gambar uang yang tidak terpisahkan saling membutuhkan.

Secara pengertian sederhana Google ads untuk para pengguna Google yang ingin memasang iklan produk nya di google.

Sedangkan Google adsense sebagai ruang iklan untuk para publisher yaitu para penerbit iklan, agar konten yang di miliknya dapat di tampilkan iklan.

Google berfungsi sebagai perantara antara Advertiser dan Publisher, google memfasilitasi para advertiser yang ingin memasarkan atau mengiklankan product tersebut di Google.

Dan google juga memfasilitasi para publisher yang mempunyai media online untuk pemasangan space iklan di media mereka seperti website, channel YouTube, aplikasi play store. 

Pada tulisan artikel ini saya hanya fokus menulis sisi google adsense saja. Hingga saat ini sudah banyak sekali para publisher yang mengandalkan penghasilan dari google adsense.

Bahkan ada para blogger professional yang fokus mencari penghasilan utama hanya sebagai publisher google adsense, jadi blogger menjadi pekerjaan utama. 

Sudah banyak penghasilan blogger yang dapat mencapai puluhan juta sampai milyaran hanya dari menjadi seorang publisher google adsense. 

Tapi anda jangan bernafsu terlebih dahulu untuk segera menjadi seorang publisher google adsense, karena untuk menjadi seorang publisher google adsense tidak semudah yang di perkirakan.

Cara Sukses Dengan Google Adsense

Sudah banyak para blogger pemula yang mencoba membuat website, tapi berguguran di tengah jalan, karena tidak menemukan ide untuk membuat konten website.

Menurut saya ada tiga syarat untuk menjadi seorang Blogger yang sukses dengan google adsense.

Konsisten

Syarat pertama ketika anda ingin menjadi seorang Blogger adalah konsistensi, untuk menjadi seorang blogger sukses.

Anda harus mempunyai tekat yang kuat dan konsisten di dalam merawat website serta mengisi konten yang bermanfaat secara teratur. 

Karena tanpa keseriusan seorang Blogger dalam mengisi konten jangan harap blog anda akan ramai pengunjung.

Sedangkan syarat utama untuk seorang Blogger sukses di google adsense adalah harus mempunyai website yang ber traffic tinggi.

Sabar

Syarat kedua yang harus di miliki seorang Blogger adalah kesabaran, syarat mutlak menjadi seorang publisher Google Adsense sabar.

Kalau anda ingin cepat mendapatkan penghasilan dari google adsense, apalagi anda baru membuat website.

sebaiknya anda lupakan untuk bekerja sama dengan Google Adsense, karena itu hanya akan menghabiskan waktu anda secara cuma-cuma.

Karena untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan besar dan stabil dari Google Adsense membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Karena membutuhkan pelajaran seperti memahami SEO, mencari backlink, membuat konten website, riset keyword yang mempunyai HPK tinggi.

Jujur

Syarat yang ketiga adalah kejujuran, google mempunyai persyaratan dan ketentuan yang sangat ketat kepada para publisher nya.

Apabila anda mencoba mencari celah untuk mencurangi google dengan berbagai cara dan melanggar police dari Google. 

Cepat atau lambat google adsense dapat mendeteksi kecurangan, karena pihak Google ingin membangun sebuah ekosistem bisnis yang saling menguntungkan. 

Apabila anda ketauan berbuat curang, akun anda pasti kena pembatasan tayang iklan, jika kesalahan masih kecil.

Dan apabila kesalahan terlalu fatal akun akan di Baned oleh google, apabila sudah terbaned untuk mendaftar akun Adsense baru lagi sangatlah sulit.

Cara Kerja Google Adsense Di Website

Google Adsense akan membayar dengan nominal tidak menentu, tergantung berapa banyak iklan yang di tayangkan kepada para publisher, dari iklan yang di tayangkan di konten website mereka. 

Setiap iklan yang di tayangkan di konten website para blogger, apabila ada yang mengklik iklan tersebut maka Google Adsense akan membayar nya dan uang akan di kumpulkan perbulan, model ini dikenal dengan PPC (pay per click).

Berikut cara kerja singkat google Adsense :

Anda memberikan ruang iklan pada website

Anda memberikan ruang iklan pada halaman website, selanjutnya anda menanam script kode html iklan google adsense pada website.

Selanjutnya anda mengatur posisi iklan, jenis iklan yang dapat tampil pada website Anda. 

Sekarang anda tidak perlu khawatir, tentang jenis iklan yang dapat tampil di website anda, pada saat ini goole sudah menyediakan fitur “auto ads atau iklan otomatis”,. 

Anda cukup menempelkan script iklan auto ads ini pada halaman website, dan pihak google yang mengatur jenis iklan semuanya secara otomatis untuk penempatan iklan, jenis iklan dan jumlah iklan yang akan di ayangkan.

Iklan CPC tinggi akan muncul di situs Anda
Setiap iklan yang tayang di dalam konten situs website anda adalah iklan yang mempunyai penawaran harga tertinggi.

Jadi ketika advertiser pengiklan produk memasang iklan dia akan memasukkan nilai bid (penawaran) yang sudah mereka tetapkan.

Nantinya pihak google akan menilai penawaran mana yang dapat muncul di halaman situs Anda.

Sistem Pembayaran

Google Akan menagihkan uang kepada setiap advertiser atau pengiklan yang iklannya sudah muncul atau di tayangkan di dalam situs website Anda. 

Google akan memberikan laporan yang dapat anda teliti dengan baik dan terperinci untuk hasil dari google adsense yang anda dapatkan melalui menu laporan di website Google Adsense. 

Laporan dapat di lihat harian, mingguan dan bulan, sehingga dapat melihat perkembangan dari hari ke hari perkembangan pendapatan anda dari google Adsense.

Baca Juga : Cara Membuat Website Untuk Google Adsense

Itulah tulisan artikel tentang Cara Kerja Google Adsense Di Website semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *