Bekerja dari rumah merupakan pilihan yang sangat luar biasa untuk Anda kerjakan. Namun, jika Anda dapat membagi waktu antara pekerjaan di rumah dan kegiatan di luar rumah, maka Anda akan merasakan kenikmatan yang luar biasa.

Manfaat-Bekerja-Di-Rumah

Bekerja dari rumah bukanlah sebuah janji yang muluk-muluk, atau sebuah skema untuk menjadi cepat kaya. Namun, bekerja dari rumah adalah sebuah peluang yang amat sangat menjanjikan, terutama bagi ibu rumah tangga dengan segudang manfaat yang akan memberikan dampak secara finansial, emosi, dan hubungan dengan keluarga. Apa saja keuntungan jika Anda dapat bekerja dari rumah? 

Menghemat Pengeluaran Sehari-Hari

Pada umumnya, jika Anda bekerja seperti karyawan kebanyakan, Anda akan mengeluarkan beberapa pos pengeluaran, seperti biaya transportasi, biaya makan siang, biaya makan malam, dsb.

Nah, dengan bekerja dari rumah, Anda dapat memotong biaya-biaya tersebut, sekaligus menghemat biaya makan. Bukankah dengan bekerja dari rumah, Anda dapat memasak makanan yang Anda sukai? Selain hemat, tentu saja sehat bukan? 

Meningkatkan Kualitas Hubungan Dengan Anggota Keluarga 

Bekerja dari rumah dapat meningkatkan kualitas hubungan dengan anggota keluarga yang lain. Jika pada umumnya, pekerja kantoran terikat jadwal perusahaan, maka bekerja dari rumah memiliki jadwal yang fleksibel. 

Dengan bekerja dari rumah, mereka dapat bekerja sambil mengawasi anggota keluarga mereka. Hal ini dapat meningkatkan kualitas hubungan antar anggota keluarga. 

Mengurangi Stress

Jika Anda bekerja kantoran sambil mengurus anak Anda, maka sangat memungkinkan Anda dapat stress, karena Anda tidak dapat memantau langsung apa yang terjadi dengan si kecil. 

Dilema yang sering terjadi bagi setiap wanita kantoran yang sudah memiliki anak. Dengan bekerja dari rumah, Anda dapat mengurangi stress, karena Anda dapat mengawasi langsung buah hati Anda. 

Reward Pribadi

Hey, siapa yang tidak suka diberikan penghargaan. Setiap dari kita pasti sangat senang bukan apabila diberikan sebuah hadiah atas kesuksesan Anda? 

Nah, tidak peduli apa yang Anda lakukan, apakah Anda berhasil menjual produk, closing project kecil, ataupun menyelesaikan target deadline sebelum waktunya, Anda pasti sangat senang sekali, dan sudah waktunya Anda memberikan hadiah untuk diri Anda sendiri. Menyenangkan sekali bukan? 

Jadwal Yang Fleksibel

Seni bekerja dari rumah adalah fleksibilitas. Ya, dengan bekerja dari rumah, Anda dapat mengatur jadwal Anda sendiri. Selain itu, fleksibilitas bukan hanya soal jadwal bekerja Anda saja. 

Namun, Anda dapat bekerja di manapun berkat kemajuan teknologi yang sangat mendukung. Masih banyak keuntungan yang Anda dapatkan apabila Anda dapat bekerja dari rumah. 

Hambatan ketika bekerja di rumah 

Tapi, tahukah Anda, bahwa 95% Ibu Rumah Tangga mengalami kegagalan saat mereka bekerja dari rumah? Mereka mengalami kegagalan, karena mereka menemui kesulitan atau hambatan saat bekerja dari rumah. Apa saja itu? 

Apakah Anda pernah berpikir bahwa bekerja dari rumah tidak memiliki hambatan sama sekali? SALAH! Setiap pekerjaan, apapun itu pasti memiliki hambatan. 

Nah, biasanya orang yang berpikir bahwa bekerja dari rumah itu adalah sebuah skema cepat kaya pasti akan cepat “habis”nya, karena mereka tidak kuat dalam menghadapi rintangannya. Nah, apa saja rintangan/kendala yang akan dihadapi saat Anda mulai bekerja dari rumah?

Tidak Dapat Membagi Waktu

Beberapa orang yang bekerja dari rumah tidak dapat membagi waktu mereka antara pekerjaan dan keluarga. Hal ini sangatlah fatal, mengingat tujuan bekerja dari rumah adalah agar Anda dapat meluangkan waktu bersama dengan keluarga Anda. Jika Anda tidak bisa membagi waktu, apa bedanya dengan Anda bekerja di kantor? 

Terisolasi Dari Dunia Luar

Jika Anda terlalu lama di rumah, maka Anda tidak akan pernah terbuka dan belajar hal-hal baru diluar sana. 

Perasaan Bersalah

Saat Anda sedang bekerja dari rumah sambil Anda melakukan pekerjaan rumah tangga Anda, terkadang Anda harus mengutamakan prioritas pekerjaan Anda dibandingkan dengan pekerjaan rumah tangga Anda. 

Ada kalanya, Anda harus berkata tidak kepada anak Anda jika ada pekerjaan penting yang harus Anda selesaikan. Hal ini bisa menimbulkan rasa kecewa kepada anak Anda, dan bersalah dalam diri Anda 

Tidak Professional

Nah, banyak orang yang tidak mau bekerja dari rumah, karena dianggap tidak professional. Misalnya, saat Anda sedang chatting dengan klien/rekan bisnis Anda, pada saat yang bersamaan anak Anda rewel. Nah, suara rewel anak Anda dapat mengganggu komunikasi dengan klien Anda, sehingga Anda akan dicap tidak professional. 

Sering lembur

AWAS! Ini juga menjadi salah satu rintangan berbahaya yang sering terjadi saat Anda bekerja dari rumah. Seringkali Anda terlalu bekerja keras melakukan pekerjaan Anda, sehingga Anda sampai lupa waktu. Sehingga, Anda menjadi cepat stress dan lelah. Saran untuk Anda: Luangkan waktu istirahat 15-20 menit di sela waktu kerja Anda. 

Terlalu “Menggampangkan”

Pekerjaan Hmm, seringkali Anda terlalu meremehkan sebuah pekerjaan yang Anda anggap sepele, bahkan menundanya? AWAS! Hal sepele ini bisa menjadi boomerang untuk Anda. Bahkan bisa membunuh reputasi Anda. 

Nah, itulah rintangan yang Anda akan temui saat Anda memulai bekerja dari rumah. Ok, mungkin Anda berpikir ini sangat berat untuk Anda lalui. Bagaimana saya dapat mengatasi rintangan ini? 

Solusi mengatasi masalah bekerja di rumah 

kita sudah akan membahas apa saja rintangan yang akan dihadapi oleh Anda saat Anda memulai untuk bekerja dari rumah. Nah, bagaimana cara mengatasi rintangan-rintangan tersebut? Mari kita bahas satu per satu: 

Persiapkan Jam Khusus

Untuk Anda Bekerja Dengan fleksibelnya waktu untuk bekerja dari rumah, maka Anda dapat menyiapkan jam khusus untuk Anda bekerja. Atur waktu khusus untuk Anda dapat bekerja. 

Jika Anda masih part time, coba luangkan waktu 1 sampai 2 jam per hari untuk membuat pekerjaan Anda. Dengan catatan: Anda Harus Fokus Dengan Pekerjaan Anda Tanpa Gangguan Sama Sekali 

Membuat Ruangan Khusus

Untuk Anda Bekerja Sama seperti Anda bekerja di kantor, Anda membutuhkan “kantor” pribadi Anda sendiri. Saran saya: Gunakan ruang tidur Anda, karena Anda dapat bekerja lebih tenang, atau jika Anda memiliki ruangan yang tidak terpakai, Anda dapat mendekor nya seperti ruangan kantor. 

Sewa Pengasuh Anak

Salah satu beban dalam bekerja dari rumah adalah Anda juga harus mengawasi anak Anda sambil Anda bekerja. Jika Anda merasa ini berat, cobalah pekerjakan pengasuh anak, atau baby sitter. Dengan begitu, Anda dapat berkonsentrasi ke pekerjaan sekaligus mengawasi anak Anda. 

Tujuan Berlian

Jika Anda diberikan sebuah misi dengan hadiah utama berlian, apakah Anda focus ke tujuan utama Anda, atau Anda malah focus kepada “kepingan perunggu” yang berceceran di sekeliling Anda? Nah, sama seperti halnya Anda bekerja dari rumah. 

Ada banyak sekali godaan-godaan yang siap menanti Anda pada saat Anda melakukannya. Nah, jika Anda sudah menyiapkan “berlian” untuk diri Anda sendiri, maka Anda jauh lebih produktif.

Siapkan Dress Code

Bayangkan diri Anda adalah seorang CEO sebuah perusahaan besar. Apa hal pertama yang ada di dalam pikiran Anda saat Anda membayangkan hal tersebut? Pakaian. Ya! Pakaian Anda menunjukkan kesuksesan Anda. Orang biasanya akan menilai penampilan kita terlebih dahulu. 

Hal ini sangatlah wajar, mengingat manusia adalah makhluk visual. Selain itu, dengan berpakaian layaknya orang sukses, secara tidak langsung alam bawah sadar Anda akan mengirimkan sinyal dan membuat aura kesuksesan untuk Anda, sehingga Anda lebih produktif. 

Wow, tips yang berguna bukan? Anda dapat menerapkan tips sederhana ini untuk Anda. Bekerja dari rumah sama seperti layaknya Anda bekerja di kantor. Ada berbagai penjurusan atau jenis pekerjaan/peluang bisnis yang dapat Anda pilih sesuai dengan minat, dan passion Anda. Apa sajakah itu? 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *