Data seluler yang tidak muncul dapat terjadi karena beberapa penyebab. Masalah ini terkadang dapat muncul secara tiba-tiba tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya, lalu bagaimana Cara Mengembalikan Jaringan Data Seluler Yang Hilang.

Biasanya saat data seluler tidak muncul di handphone di tandai status bar icon data tidak dapat muncul.

Data seluler memang cukup penting di Handphone dimana data seluler membantu anda dalam hal akses internet. Dan jika data seluler ini tidak dapat muncul maka otomatis Handphone tidak dapat digunakan untuk berinternet. 

Data Seluler memang tidak selamanya dapat stabil terkadang hilang terkadang juga muncul. Penyebab nya juga bermacam-macam.

Bisa karena Custom Rom, Jaringan provider bermasalah, cuaca, tempat tinggal, banyak gedung bangunan tinggi, Settingan APN kurang tepat dan masih banyak lagi.

Dan sesuai postingan kali ini saya akan memberikan beberapa tulisan artikel cara mengaktifkan data seluler yang tidak dapat muncul.

Penyebab Sinyal Tidak Muncul

Sebelum ke topik pastinya anda harus mengetahui dulu apa penyebabnya agar anda tahu bagaimana cara mengatasinya, Untuk penyebabnya sebagai berikut.

Salah Setting APN
Sinyal yang Hilang
Belum Registrasi

Penyebab di atas adalah penyebab paling utama dari data seluler tidak dapat diaktifkan dan bisa jadi ada penyebab lain, Untuk cara mengatasinya sebagai berikut.

Cara Mengaktifkan Data Seluler Yang Tidak Muncul

Jika data seluler handphone anda tidak aktif, anda tidak perlu panik apalagi sampai membawanya ke tukang service, anda dapat tangani ini sendiri dirumah asal mengetahui cara mengaktifkan data seluler yang tidak muncul, Untuk caranya sebagai berikut.

Setting APN ke Default

Jika anda tidak sengaja mengubah atau mengedit APN maka bisa jadi ini adalah penyebab sinyal data seluler tidak muncul. 

Atau biasanya APN juga dapat berubah, APN ini ibaratnya penyambung antara perangkat dan jaringan. Jika anda salah mengedit APN dapat menimbulkan data seluler tidak muncul.

Cara Mengembalikan Settingan APN Default

Untuk memunculkannya kembali anda tinggal ubah ke settingan default, Untuk caranya sebagai berikut.

Masuk bagian setelan
Kemudian pilih Jaringan & Internet
Lanjut pilih Jaringan Seluler
Pilih Kartu Sim yang data seluler tidak muncul
Kemudian klik Acces Point Name (APN) 
Lalu klik titik tiga di pojok kanan atas
Klik Setel ulang ke default

Mode Pesawat

Jika data seluler handphone anda sulit muncul bahkan tidak dapat muncul, anda bisa masuk ke mode pesawat selama beberapa menit.

Cara ini cukup ampuh agar data seluler muncul kembali. Untuk cara masuk ke mode pesawat sebagai berikut.

Masuk bagian setelan
Kemudian masuk ke Jaringan & Internet
Aktifkan Mode Pesawat
Tunggu beberapa menit
Non Aktifkan Kembali

Registrasi Kartu SIM Gagal

Jika anda baru pertama kali membeli kartu sim dan langsung mencoba untuk internet maka saya pastikan data seluler tidak akan dapat diaktifkan. Hal ini dikarenakan kartu belum di registrasi terlebih dahulu.

Untuk penggunaan kartu baru maka sebaiknya anda registrasikan terlebih dahulu nomor sim card tersebut dengan menggunakan No NIK dan No KK. Jika sudah maka anda dapat menggunakan kartu tersebut dan data seluler bisa muncul.

Jika ketiga cara tersebut belum dapat mengatasi masalah anda, (kalau handphone anda normal). Bisa jadi masalah ini dapat terjadi karena jaringan provider yang anda gunakan sedang bermasalah. 

Untuk solusinya anda tinggal menunggu beberapa saat sampai pulih seperti sedia kala. Atau hubungi costumer service agar anda dapat dibantu pengecekan lebih lanjut.

Baca juga : Cara Memblokir Panggilan Masuk Di Handphone Android

Cukup sekian, semoga artikel ini tentang Cara Mengembalikan Jaringan Data Seluler Yang Hilang dapat bermanfaat bagi anda.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: