Cara memindahkan foto dari iPhone ke laptop-pada di era teknologi yang semakin canggih ini, kompatibilitas dari iPhone memang tidak dapat diragukan lagi. 

Kualitasnya yang sangat tinggi membuat brand besar iPhone dikenal banyak orang. Kelebihan yang ditawarkan oleh fitur-fitur iphone, banyak menarik orang, menjadikan iphone sebagai salah satu produk dari Apple ini menjadi brand terlaris.

cara-memindahkan-foto-dari-iphone-ke-macbook

Namun, di balik kecanggihan yang ada pada iPhone, apakah anda sudah mengetahui fitur-fitur apa saja yang ada di dalam iphone Atau mungkin kamu adalah pengguna baru iPhone, akan tetapi masih belum mengetahui bagaimana cara menggunakan fitur-fitur iphone. Salah satunya cara memindahkan foto dari iPhone ke laptop ataupun Mac.

Oleh karena itu, pada tulisan artikel kali ini saya akan mengulas tuntas bagaimana cara memindahkan foto dari iPhone ke laptop dan Mac. Simak saja langsung pembahasan cara memindahkan foto di iphone ke Mac (laptop) di bawah ini!

Cara Memindahkan Foto dari iPhone ke Windows

Cara memindahkan foto dari iPhone ke laptop atau windows memang dapat dilakukan dengan mudah, akan tetapi dengan catatan bahwa perangkat PC atau laptop yang telah menjalankan sistem operasi Windows tanpa iTunes.

Kabel USB untuk Windows 10

Kehadiran updatan Windows 10, beberapa tahun lalu, memang benar-benar memberikan banyak manfaat bagi para pengguna Windows. Khususnya mungkin bagi anda sebagai pengguna iPhone. 

Di mana seperti yang kita ketahui bahwa Windows 10 sudah menyediakan aplikasi bawaan yang dapat mempermudah pengguna Windows untuk memindahkan beberapa macam foto atau video yang ada di iPhone-mu ke laptop.

Menariknya, ini merupakan cara mudah untuk memindahkan foto dari iPhone ke laptop. Anda tidak perlu software atau aplikasi tambahan, ataupun jaringan internet. Karena di sini anda hanya memerlukan sebuah kabel USB untuk dapat menyambungkan iPhone-mu ke laptop. Adapun beberapa caranya adadi bawah ini:

  • Hubungkan terlebih dulu iPhone anda ke laptop dengan menggunakan kabel USB. 
  • Kemudian setelah itu akan muncul pop up, maka pilihlah ‘Allow’ untuk mengizinkan laptop dapat mengakses foto yang ada di iPhone anda.

Namun, jika Notifikasi iPhone anda tidak memunculkan pop up, maka langsung saja ke langkah selanjutnya.

  • Bukalah menu Start pada Windows, kemudian ketik Photos dengan membuka aplikasi tersebut.
  • Klik menu ‘Import’ yang ada di kanan atas, lalu pilih from a USB device. 
  • Pilih perangkat iPhone anda yang telah tersedia.
  • Setelah itu pilihlah beberapa foto atau video yang ingin anda pindahkan ke laptop. Dan setelah selesai dipilih, klik opsi ‘Import selected’.

Dan tunggulah beberapa saat hingga foto atau video yang anda pilih sudah selesai dipindahkan. Maka setelah itu, foto atau video yang anda pilih akan tersimpan otomatis di PC atau laptop.

iCloud untuk Selain Windows 10

Tidak hanya melalui Windows 10 saja, akan tetapi untuk Windows 7 atau 8 pun terdapat beberapa alternatif atau cara sederhana memindahkan foto dari iPhone ke laptop, yaitu dengan menggunakan iCloud.

Seperti yang telah anda ketahui bahwa iCloud adalah bentuk pengembangan layanan cloud computing yang berasal dari Apple Inc dan merupakan teknologi terbaru di bidang jaringan. 

Selain itu, iCloud pun dapat memungkinkan para penggunanya untuk mensinkronisasi data ke iPhone, iPod Touch, Mac, iPad, maupun komputer secara otomatis pada waktu yang bersamaan tanpa harus mem-backup data terlebih dahulu secara manual.

Perlu anda perhatikan, cara ini cukup simple dan anda tidak lagi membutuhkan kabel USB seperti pada cara sebelumnya. Namun, di sini anda memerlukan jaringan internet untuk dapat melakukan proses pemindahan foto dari iPhone ke laptop dengan menggunakan ICloud.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini tulisan artikel tata caranya:

  •  Pastikan terlebih dulu iCloud Photos Library di iPhone-mu sudah aktif. Cara memastikan sudah aktif atau belum dengan masuk ke menu Settings di iPhone-mu, lalu klik nama Apple ID anda, kemudian pilihlah iCloud.
  • Pilih Photos. 
  • Aktifkan iCloud Photos-mu. 
  • Jika sudah selesai, bukalah browser pada laptop-mu kemudian kunjungi situs iCloud. 
  • Lakukan login akun iCloud yang sama dengan iPhone milik anda.
  • Setelah berhasil login, anda akan diminta untuk memasukkan kode otentikasi yang dikirim melalui iPhone-mu.

Namun, sebelum mendapatkan kode otentikasi di iPhone, anda akan mendapat pop up seperti untuk melakukan konfimasi. Anda tinggal pilih ‘Allow’.

  • Setelah anda mendapat kode verifikasi di pop up selanjutnya.
  • Masukkanlah kode verifikasi yang telah masuk di iPhone anda beberapa menit yang lalu.
  • Setelah berhasil masuk ke ide iCloud-mu, pilih Photos.
  • Lalu, pilih foto atau video apa saja yang ingin anda pindahkan. dan untuk dapat memilih lebih dari satu file, tekan dan tahan tombol Ctrl pada keyboard laptop mu, sambil memilih beberapa foto atau video yang akan anda pindahkan.
  • Kemudian, klik button Download yang berada di kanan atas.

Dan setelah itu proses pemindahan foto dari iPhone ke Windows 7 atau 8 akan segera selesai.

Foto atau video yang sudah anda pilih akan segera terdownload dan tersimpan secara otomatis di laptop.

cara memindahkan foto dari iphone ke macbook Menggunakan App Photos

Cara memindahkan foto dari iPhone ke Mac pun dapat anda lakukan dengan cara yang sangat mudah dan tentunya anti ribet. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa tulisan artikel langkah-langkah cara memindahkan foto dari iphone ke Mac di bawah ini:

Sambungkan iPhone

Sambungkan kabel pengisi daya pada tempat pengisian daya iPhone, dan pasang ujung USB ke salah satu port USB komputer Mac OS anda.

Buka App Photos

Klik ikon bunga warna-warni yang akan ditampilkan di komputer. Biasanya App Photos akan terbuka otomatis saat dihubungkan dengan komputer. Dan jika aplikasi sudah terbuka otomatis, lewati saja langkah ini.

Pilih iPhone-mu

Klik nama iPhone yang sudah ditampilkan di kolom kiri jendela untuk memilihnya. Sementara itu iPhone anda akan ditampilkan di bawah judul “Devices”. Namun, pastikan terlebih dahulu, ketika anda membuka kunci iPhone jika perangkat tidak ditampilkan pada segmen “Devices” yang berada di sisi kiri jendela aplikasi.

Pilih Foto

Pilih foto atau video yang akan anda pindahkan ke Mac.

Klik Import Selected

Icon ini berada di pojok kanan atas jendela, maka tombol abu-abu ini akan menampilkan jumlah foto yang terpilih (mis. “Import 20 Selected”). Tapi jika anda ingin memindahkan semua foto-foto baru dari iPhone ke Mac, klik tombol “Import All New Photos”.

Proses selesai

Tunggulah sampai semua foto yang anda pilih sudah selesai diimpor. Dan setelah terkirim ke komputer Mac, anda dapat meng-klik segmen “My Albums” yang berada tepat di sisi kiri jendela. Jika pemindahan foto sudah selesai, jangan lupa untuk memutuskan sambungan perangkat dari Mac.

Nah, itulah tulisan artikel beberapa cara memindahkan foto dari iPhone ke komputer. Baik itu ke Windows 7, 8, 10 ataupun Mac. Untuk anda yang belum mengetahui caranya, silakan ikuti saja langkah-langkah mudah dari penjelasan tulisan artikel di atas.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *