Ada banyak pasar yang ada di Indonesia, termasuk pasar gelap untuk ponsel yang terkenal seperti iPhone. Biasanya, iPhone yang berasal dari pasar gelap tidak mempunyai IMEI yang terdaftar di kominfo. 

Ada baiknya bagi anda yang mempunyai handphone iphone, untuk mencari tahu cara cek IMEI iPhone.

cara-melihat-nomor-imei-iphone

Sebab, pemerintah Indonesia telah membuat aturan aktif untuk menon-aktifkan handphone yang tidak memiliki IMEI terdaftar di kominfo. 

cara melihat nomor imei iphone dengan mudah 

Lalu, bagaimanakah caranya untuk cek IMEI iPhone yang sudah terdaftar atau belum di Indonesia? Berikut tulisan artikel tentang IMEI selengkapnya:

Cek IMEI lewat Dusbook

Cara pertama yang dapat anda gunakan untuk mengecek IMEI iPhone adalah dengan mengecek boxnya. 

Sudah dapat diketahui bahwa di belakang dusbook handphone merek apapun, pasti ada beberapa informasi yang cukup lengkap dan penting. Beberapa di antaranya adalah nomor SN, nomor SKU, dan termasuk juga di dalamnya nomor IMEI.

Jika anda masih mempunyai dusbook iPhone yang pernah anda beli, anda dapat langsung mengecek nomor IMEI iPhone di dusbook handphone tersebut. 

Setelah anda menemukan IMEI di kotak tersebut, silahkan cocokkan dengan nomor IMEI yang ada di iphone maupun di dalam software iphone. 

Cek IMEI di Sistem Pengaturan

Cara mengetahui nomor IMEI iPhone resmi selanjutnya adalah dengan menggunakan sistem pengaturan. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka menu pengaturan di iPhone anda. 
  • Dalam menu setting, silahkan pilih menu umum atau General.
  • Dan dari menu general nanti akan muncul halaman About atau Tentang.
  • Setelah About dipilih, anda akan mendapatkan informasi lengkap mengenai iPhone yang anda miliki. Dari mulai spesifikasinya secara legkap sampai ke nomor IMEI.

Cek IMEI di Belakang Ponsel

Cara selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk mengecek nomor IMEI adalah dengan melihat nomor IMEI di belakang handphone. 

Biasanya, iPhone dengan type series 5, 5C, 5 S, 6, dan 6+ akan mempunyai nomor IMEI di belakangnya. Coba cek bagian belakang iPhone yang anda miliki sekarang.

Biasanya di belakang handphone akan ada beberapa informasi dari mulai kota pembuatan iPhone, model, sampai ke nomor IMEI. 

Hal ini dibuat untuk memudahkan pengguna iPhone dalam mengecek nomor IMEI yang dimiliki tanpa harus membuka pengaturan terlebih dahulu.

Cek IMEI di Web Apple

Cara ini dapat anda gunakan apabila perangkat iPhone anda tidak berada di gengaman anda. Jadi, misalkan iPhone anda sedang dipinjam atau tertinggal atau hilang, tetapi anda terburu-buru ingin melihat nomor IMEInya, anda dapat melakukan cara cek IMEI iPhone di web Apple. Berikut tulisan artikel selengkapnya:

  • Buka situs web appleid.apple.com
  • Masuklah ke dalam situs dengan menggunakan ID Apple yang anda gunakan di dalam perangkat iPhone yang anda miliki. 
  • Akan ada halaman berisi beberapa pilihan, pilih bagian Perangkat untuk melihat nomor IMEI dari perangkat iPhone yang anda inginkan.

Cek IMEI di Slot Kartu SIM

Ada beberapa type seri iPhone yang menyimpan nomor IMEI di dalam slot kartu SIM. Biasanya, type iPhone yang memiliki nomor IMEI di slot kartu sim ini adalah iPhone 3G, 3GS, 4 (dengan model GSM), dan 4S.

Cara mengeceknya cukup mudah. Anda hanya perlu mengeluarkan SIM Card terlebih dahulu, barulah dapat melihat nomor IMEI dan nomor Serialnya.

Cek Melalui Kode Dial

Cara cek IMEI iPhone selanjutnya adalah dengan menggunakan kode dial. Cara ini cukup umum dan dapat digunakan semua perangkat handphone, caranya cukup memasukkan *#06# di menu telepon iPhone yang anda miliki. Nanti akan keluar IMEI dan IMEID jika iPhone yang anda punyai memang sudah terdaftar di kominfo. 

Cek Melalui Finder atau iTunes

Anda juga dapat menemukan nomor IMEI melalui Finder dan iTunes. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Sambungkan nomor iPhone yang anda pakai ke perangkat komputer. 
  • Buka Finder atau iTunes
  • Jika di Finder, silahkan temukan perangkat anda di tab umum. Sedangkan via iTunes, silahkan temukan perangkat anda di Tab Ringkasan
  • Klik nomor telepon di bawah nama perangkat. Setelah itu, nomor IMEI dari iPhone yang anda miliki akan keluar secara otomatis.

Nomor IMEI memang sangat bermanfaat untuk mengecek keaslian iPhone yang anda miliki. Sebab, ada begitu banyak barang ilegal yang banyak dijual di Indonesia.

Setelah mengetahui nomor IMEI Anda, pastikan IMEI tersebut sudah terdaftar di Situs cek IMEI iPhone yang disediakan oleh pemerintah. Jika sudah terdaftar, maka iPhone yang anda miliki sudah asli dan legal.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *