Mempunyai handphone dengan kinerja yang lebih baik menjadi salah satu dambaan setiap orang, tentunya dengan tambahan update fitur-fitur yang diperlukan. 

Cara-upgrade-Android-versi-oreo-ke-pie

Namun dengan kemajuan teknologi yang Cepat, update Android jadi sangat mudah dilakukan, yaitu dengan cara upgrade Android ke versi yang terbaru. 

Hal ini perlu anda lakukan, karena upaya update tersebut untuk mendapatkan tambahan fitur terbaru dan memberikan perbaikan pada versi Android sebelumnya.

Akan tetapi tetap harus diperhatikan terlebih dahulu Android sebelumnya Android versi apa dan berapa? 

Contohnya versi Nougat, Android, pie, Oreo, Marsmallow, Jelly Bean, Kitkat dan Lollipop. Hal ini perlu anda perhatikan, karena setiap handphone android mempunyai batas maksimal upgrade OS.

Tanggal 24 April 2020 pengguna Android oreo sudah dapat meng-upgrade kinerja ponselnya ke versi Pie. 

Android Pie ini berbeda dengan Android sebelumnya, yaitu Oreo, karena Android versi pie merupakan sistem pembaruan yang wajib diinstal. 

Versi pembaruan upgrade Android ini mempunyai nomor CLH1909EX_11_A.36 dengan ukuran data lebih dari 2.4 GB.

Cara upgrade Android versi oreo ke pie

Bagi pengguna Android oreo yang sudah penasaran untuk meng-upgrade ke versi Android Pie, berikut ini cara yang dapat dilakukan :

Upgrade Android dengan OTA

OTA (Over The Air) atau yang lebih dikenal juga dengan sambungan nirkabel dari ponsel, yang memiliki kelebihan, sehingga memudahkan anda dalam proses upgrade Android. 

Namun cara ini juga ada kelemahan, yaitu membutuhkan akses internet yang cepat, sehingga rawan gagal dan kuota pun akan terbuang percuma. 

Ada yang lebih penting yaitu daya baterai handphone tidak boleh kurang dari 40% dan back up dahulu data-data penting, agar tidak terjadi masalah nantinya.

Tahapan Proses untuk Upgrade Dengan OTA

Pastikan dahulu handphone anda terhubung koneksi internet, di sini sambungan Wifi sangat saya sarankan, pastikan juga handphone anda memiliki ruang setidaknya 3GB.

  • Masuk ke Setting > Software Updates, atau Pembaruan Perangkat Lunak.
  • Kemudian lihat apakah muncul Pembaruan, kalau tidak ada berarti handphone sudah berada pada upgrade Android versi terbaru.

Proses pembaruan tersebut akan memerlukan waktu beberapa menit, baru kemudian akan restart sendiri. 

Jika proses pembaruan selesai tanpa pesan error satu pun, maka ponsel telah terupgrade ke versi yang paling baru.

Upgrade dengan SD Card

Ini juga bisa menjadi alternatif pilihan lain, jika anda merasa kurang nyaman melakukan proses upgrade Android dengan OTA. 

Upgrade dengan SD Card juga mempunyai kelebihan, yaitu proses download file data upgrade bisa dilakukan mulai dari yang besar dahulu. 

Sehingga akan lebih fleksibel, karena kemungkinan Upgrade gagal akan lebih kecil dan dapat dilakukan dari perangkat manapun.

Tahapan proses Upgrade dengan SD Card

  • Download file upgrade pembaruan di halaman handphone terlebih dahulu.
  • Pada file pembaruan pastikan file yang didownload berada pada SD card dan tidak di folder lain.
  • Kemudian tekan tombol volume + dan tombol power secara bersamaan hingga di layar muncul mode pemulihan.
  • Lalu pada tampilan mode pemulihan, pilih instal dari media penyimpanan>dari SD card, dan temukan file pembaharuan tadi.
  • file pembaruan dapat berada di memory penyimpanan internal atau tergantung dimana file tersebut anda simpan. 
  • kemudian akan muncul pesan konfirmasi, lalu tekan oke, maka proses pembaruan akan segera di mulai.

Ketika proses upgrade selesai, tanpa hambatan, tak lama kemudian perangkat di handphone anda akan me-reboot dan memuat OS yang baru saja di instal.

Dan selamat handphone anda telah berhasil melakukan upgrade Android keversi terbaru.

Demikian sedikit ulasan mengenai cara upgrade Android versi Oreo ke versi Pie pada handphone. 

Cara ini berlaku untuk semua handphone dengan Tipe Xiaomi, Samsung, Oppo f1s, Oppo A39, Oppo A7, Asus Zenfone 2 dan Asus Zenfone 5. 

Tidak hanya dari Android versi Oreo ke Pie, tetapi juga untuk Marsmallow ke versi Nougat, semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. Baca juga : Cara melakukan factory reset pada handphone android.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *