Semua orang berusaha mencari kesibukan di waktu libur untuk mengisi kebosanan seperti berolahraga di dalam rumah, seorang suami dan anak membantu memasak di dapur, atau mungkin bermalas-malasan denan menonton konten video-video lucu di Youtube Channel. 

Cara-Menonton-Video-Youtube-Di-Televisi

Nonton video di Youtube saat sedang santai memang sangat menyenangkan. Apalagi videonya yang bisa membuat ketawa bareng dengan keluarga atau teman-teman, pasti seru banget deh. 

Di Youtube ada ribuan konten video yang lucu ataupun mendidik dan hampir semua konten yang dicari ada di sini. 

Ketika anda browsing konten yang diinginkan tidak muncul, carilah konten yang diinginkan di mesin pencarian dengan menggunakan kata kunci yang anda cari. 

Dalam hitungan detik, konten video yang anda cari pasti akan berada di tampilan halaman pertama. 

Cara menonton video youtube di televisi

Namun apa jadinya jika nonton video youtube dalam waktu yang lama, leher jadi pegel terutama leher bagian belakang, tangan pegel megang handphone. 

Anda Pasti pernah mengalami hal ini khan? Nah, untuk mengatasi hal tersebut agar tidak pegal dalam megang handphone, berikut ini adalah cara menonton youtube di perangkat TV. Simak terus ya.

Kabel HDMI

cara menonton youtube di perangkat tv yang pertama dan paling mudah adalah dengan menghubungkan tampilan dari perangkat seperti laptop atau PC ke tampilan layar TV dengan koneksi kabel HDMI. Cara ini dianggap sudah jadul atau ketinggalan jaman. 

Pasalnya sudah ada cara yang paling canggih untuk menghubungkan perangkat ke tampilan televisi yaitu melalui wifi jika televisi tersebut keluaran terbaru. 

Cara ini cukup cocok untuk anak-anak kos yang mempunyai budget yang terbatas namun tetap bisa menikmati konten video youtube di layar yang lebar seperti televisi. 

Kabel HDMI ini bisa anda dapatkan di toko-toko baik itu offline maupun marketplace yang dapat diakses secara online. 

Nah, caranya cukup gampang banget khan, tinggal colokkan kabel ini ke port yang tersedia dari laptop atau PC menuju ke port di televisi. 

Lalu setel di menu pengaturan dengan menggunakan koneksi HDMI. Jika anda berhasil, tampilan yang ada di laptop atau PC akan terlihat di tampilan layar TV anda. Hal ini menjadikan layar TV sebagai layar kedua anda. 

Sebenarnya untuk sebuah perangkat smart phone yang memiliki sistem operasi Android iOS, ada teknologi yang disebut dengan Mobile Hig-Definition Link (MHL). 

Alat yang tersedia di smart phone ini adalah sebuah teknologi yang dapat memindai data dengan kecepatan yang tinggi dari perangkat mobile phone ke layar televisi.  

Caranya adalah anda harus membeli MHL adapter ini lalu hubungkan ke perangkat smart phone yang selanjutnya akan dihubungkan ke port HDMI di televisi. 

Tapi sayangnya tidak semua perangkat di smart phone tertanam teknology MHL, khusus hanya handphone produksi terbaru yang sudah tidak menyematkan fitur yang satu ini. 

Karena fitur ini sudah terganti dengan teknologi Miracast yang lebih praktis dan cerdas tanpa sambungan kabel. 

Google Chrome

Cara ini adalah cara yang paling praktis untuk menikmati konten streaming youtube di layar TV. Syaratnya adalah televisi yang akan dihubungkan harus sudah memakai jenis TV Android atau smart TV. 

Caranya pun sangat mudah sekali. Pertama, buka google chrome di laptop, PC, atau mobile phone dan ketik www.youtube.com di URL. 

Lalu klik tanda titik tiga yang ada di browser sebelah kanan atas yang selanjutnya akan muncul dropdown menu setelah itu pilih menu Cast. 

Selanjutnya google chrome akan mencari device atau perangkat yang tersedia jadi pastikan TV Android dan perangkat yang digunakan sama-sama tersambung pada jaringan WI-FI yang sama. 

Chromecast

Alat ini diproduksi dan dikembangkan oleh perusahaan Google sendiri yang sampai pada saat ini sudah memasuki generasi ketiga yang kualitas dan koneksi yang di gunakan semakin lebih bagus dibandingkan dengan produk generasi sebelumnya. 

Dengan menggunakan alat ini, anda bisa menikmati konten Youtube di layar televisi. Selain itu, chromecast ini juga sudah compatible dengan beberapa aplikasi streaming selain youtube seperti Netflix.

Jika dilihat dari harga yang ditawarkan marketplace seperti Tokopedi, Shoppee, atau Lazada, alat ini masih relatif cukup mahal berkisar antara Rp. 700,000 sampai dengan Rp. 1,300,000. 

Lalu, Cara menggunakan nya bagaimana? Colokkan Chromecast ke port HDMI di perangkat TV lalu sambungkan ke jaringan WI-FI. 

Tap atau sentuh tombol Cast di aplikasi yang compatible untuk Cast. Cari aplikasi seperti Netflix, TuneIn, atau YouTube. 

Teknologi Miracast 

Cara berikutnya untuk bisa menikmati tontonan video atau konten lainnya di layar TV adalah dengan alat yang disebut Miracast. 

Adapun fungsinya sama seperti menggunakan Chromcast yaitu untuk menampilkan tampilan yang ada di perangkat Android ke tampilan layar TV. 

Untuk perangkat Android dengan versi 4.2 biasanya sudah mendukung dengan alat ini. Mungkin namanya saja yang berbeda-beda tergantung dari produsen handphone tersebut misalnya cast screen/screen casting/wireless display/wireless mirroring/play to. 

Nah, anda dapat cari tombol tersebut di bagian menu setting atau pengaturan di bagian wireless dan network atau display. 

Cara menghubungkan perangkat ke televisi bagaimana? Itu mudah, anda tinggal colokkan perangkat ini ke TV. Lalu, masuk ke pengaturan di perangkat Android. 

Pilih menu pengaturan, lalu display setelah itu pilih wireless mirroring atau screen cast. Jangan lupa ubah pengaturan sudah dalam keadaan ON. 

Tunggu beberapa saat hingga muncul perangkat tersedia di dalam jaringan perangkat Android. 

Kalau anda berhasil, tampilan yang ada di perangkat Android sudah dapat dinikmati di layar televisi. Mudah bukan!

Android TV Box

Disini cara yang terakhir untuk menghubungkan perangkat Android ke layar televisi adalah menggunakan Android TV Box. 

Alat ini bisa anda dapatkan di online marketplace dengan harga yang cukup murah sekitar 200 ribuan saja. 

Alat ini akan merubah televisi anda menjadi televisi Android dengan syarat TV yang akan dihubungkan memiliki port HDMI. 

Televisi yang sudah dihubungkan dengan alat ini nantinya akan menampilkan seperti halnya dengan perangkat Android termasuk Youtube. 

Bahkan dengan alat ini, anda juga dapat menikmati permainan yang berbasis OS Android di layar TV. Wah, pasti seru dong dapat main bersama keluarga di layar televisi. 

Nah, kalo dipikir-pikir, alat ini adalah sebuah perangkat yang smart dan praktis dan dapat dijadikan sebuah solusi yang murah untuk mendapatkan hiburan dari konten-konten yang ada di perangkat Android melalui tampilan layar televisi. 

Satu lagi yang paling menarik dari alat ini adalah, Android TV Box dapat berfungsi dengan baik dengan TV lama yang memiliki port HDMI melalui koneksi AV, bahkan TV tabung juga bisa lho. 

Daripada anda membeli smart TV yang harganya masih jutaan, mungkin alat-alat ini bisa menjadi alternatif yang ekonomis dengan memilih salah satu yang disebutkan diatas. Semoga menonton konten Youtube melalui perangkat TV bisa semakin menyenangkan.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *