Di era zaman sekarang ini, siapa yang tidak mengenal dengan yang namanya smartphone, hampir semua kalangan komunitas mulai dari anak kecil, remaja, hingga orang tua. 

Cara-membuat-baterai-android-lebih-awet

Sudah beralih dari handphone yang dulunya  hanya untuk sekedar telfon dan sms  menjadi Smartphone dimana kebutuhan para pengguna sangat di manjakan dengan kemudahan yang di tawarkan.

sebut saja OS Android, yang belakangan tahun ini telah berhasil mengambil alih perhatian masyarakat luas, karena mempunyai kemudahan yang di tawarkan. 

Tetapi di balik semua kemudahan yang ditawarkan, tentu saja terdapat kelemahan. ya, ‘tak ada gading yang tak retak’. mungkin inilah sebutan yang pas. 

Secanggih dan sebagus apapun gadgetnya, banyak para pengguna smartphone merasakan bahwa daya tahan Baterai pada smartphone sangatlah kurang atau cepat sekali habis. 

Dapat dipastikan, dalam sehari pasti sekali charge, beda dengan handphone non-smartphone yang dapat bertahan hingga 3 hari tanpa charge (hp Nokia jadul) 

baterai boros

pada ponsel android kebutuhan Internet adalah salah satu faktor mengapa baterai cepat habis. 

Karena daya yang digunakan ketika ponsel online akan lebih besar ketimbang ketika tidak meng-aktifkan koneksi internet.

sayangnya kebiasaan yang kita lakukan adalah ketika baterai sudah hampir habis, lalu kita charge tetapi karena masih asik main gadget kita maka akhirnya ponselpun tetap kita pakai dalam keadaan charge. 

Inilah salah satu faktor baterai akan cepat rusak jadi sebaiknya, ketika ponsel sedang di charge, jangan kita mainkan tetapi kita diamkan atau lebih baik jika kita non aktifkan. cara ini akan membuat umur baterai akan lebih tahan lama, kualitas batre tersebut. 

nah ada lagi beberapa cara membuat baterai android lebih awet, apa sajakah itu ? mari kita bahas.

  • Coba untuk mematikan perangkat ketika sedang di charge. penerapan mudahnya ketika kita sedang tidur pada waktu malam hari. 
  • pencarian sinyal yang lemah ketika berada di daerah yang mempunyai sinyal sedikit, juga menjadi faktor baterai akan lebih cepat habis, jadi usahakan ketika berada di daerah yang ber-sinyal rendah, jangan aktifkan koneksi data.
  • Matikan fungsi ‘vibrate’ pada ponsel, karena fungsi getaran akan lebih memakan lebih banyak daya baterai ketimbang ringtone.
  • Atur seminim mungkin waktu tutup layar misalnya 10 detik. 
  • Matikan fungsi gps, bluetooth, wifi jika sedang tidak memakai fitur tersebut. 
  • Ketika anda sedang berada di sebuah perjalanan, aktifkan layanan jaringan hanya mode GSM saja.
  • Hindari memakai ponsel di tempat yang panas.
  • Hanya isi baterai ketika mendapat notifikasi baterai sedang lemah, biasanya pada saat berada di level 20 %, dan pastikan waktu charge batre terisi sampai benar – benar penuh 100%
  • Tutup aplikasi yang tidak anda gunakan, karena pada dasarnya, setiap aplikasi yang berjalan di android ketika kita tutup itu tidak benar – benar sudah tertutup melainkan hanya berjalan di background. 
  • Jadi gunakan fitur task manager untuk meng-kill aplikasi yang sudah tidak di gunakan.
  • Gunakan wallpaper yang memiliki warna gelap / hitam, karena OS akan lebih memakan daya ketika brightness layar tinggi.

demikian cara jitu membuat baterai android lebih awet. jika ada pertanyaan seputar android, silahkan tanyakan di sini halaman contact (^_^)/

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *