Daftar Isi: [Sembunyikan] [Tampilkan]

Saya ingin bertanya Sejauh mana percaya diri anda?. Skor anda menandakan anda kurang percaya diri, sehingga anda perlu mempertimbangkan mengambil langkah tertentu untuk mengembangkan percaya diri anda. Berikut ini Tips Mengatasi Tidak Percaya Diri.

Kita mulai dari penampilan terbaik, kita bisa mendapat first impression yang baik. Dari penampilan yang bagus, kita bisa ngedeal-in client. Dari penampilan yang baik, kita bisa bikin calon mertua tertarik.

Mungkin anda pernah punya pengalaman di puji calon mertua, katanya pakaian saya seperti orang berpendidikan! Hahaha.

Padahal, mungkin saat itu saya hanya berusaha tampil sopan. Namun terbukti, penampilan bisa menciptakan penilaian di saat pertama yang berpengaruh ke peristiwa-peristiwa selanjutnya.

Tips Mengatasi Tidak Percaya Diri

Mungkin, Anda juga pernah mengalami pengalaman yang cukup ‘ngena’ dalam urusan pakaian. Jadi menurut saya dan mungkin Anda juga setuju dengan saya bahwa, pakaian adalah sebuah investasi tersendiri.

Mode tidak pernah mati. Selalu ada inovasi. Untuk itu, di sektor bisnis di bidang ini mungkin akan selalu di cari dan melakukan produksi tanpa henti bagi pengusaha kain dan pakaian atau pabrik garmen.

Yang perlu di analisis adalah alasan anda begitu tidak percaya diri di bandingkan orang lain. Alasan pertama adalah mungkin semata-mata begitu adanya anda. 

Banyak orang wataknya sedikit grogi atau gugup, atau terlalu rendah diri dengan prestasi yang di capai sehingga mereka cenderung makin kurang percaya diri.

Perilaku negatif lain bagi individu kurang percaya diri seperti hal-hal sebagai berikut :

Tidak melihat aspek positif dari kehidupan mereka, merasa diri nya selalu gagal.
Membesar-besarkan hal negatif yang terjadi tidak sesuai dengan proporsinya.
Menganggap orang lain berbuat jauh lebih baik dari pada diri nya.
Biasanya memandang semua aspek kehidupan secara negatif diri sendiri, yang di capainya, dan yang akan di capainya.

Untuk mengurangi sifat tersebut, beberapa strategi dapat di gunakan untuk menumbuhkan percaya diri:

Evaluasi dan tekankan kekuatan anda. Puji lah diri anda atas usaha yang telah anda capai. Fokuskan anda prestasi dan bakat yang anda miliki.
Siapa berani, dia yang menang. Jangan takut mengambil resiko. Anggap pengambilan resiko bukan berarti sebagai pertaruhan melainkan kesempatan untuk diraih. 
Bahkan bila anda gagal, tetaplah ceria dan puji usaha anda. Anggap kegagalan sebagai pengalaman pembelajaran dan sebagai pencapaian pertumbuhan kepribadian seseorang.

Introspeksi diri adalah yang terbaik bagi diri sendiri karena jangan sampai ada orang lain melakukannya demi anda.

Terlalu Fokus

Sering kurang percaya diri sebagai akibat terlalu memfokuskan aspirasi orang lain yang tidak realistis seperti, orang tua, standar, dan gaya hidup orang lain dalam masyarakat. 

Lebih baik, memfokuskan bagaimana perasaan dan gaya hidup terhadap diri sendiri. Hal ini akan membuat anda, anda merasa lebih menguasai kehidupan anda sendiri.

Jangan mengharapkan kesempurnaan. Tidak ada hal seperti itu belajar menerima diri anda dengan segala ketidak kesempurnaan, sekaligus mengimbanginya dengan keinginan untuk memperbaikinya. Jangan berasumsi bahwa anda harus selalu menyenangkan orang lain. 

Jangan biarkan masa lalu anda mengatur kehidupan anda. Tumbuhkan percaya diri lebih baik dan buat pilihan-pilihan bila keadaan mengharuskan hal inilah yang harus di lakukan.

Dengan demikian strategi di atas, efeknya anda lebih percaya dengan kemampuan anda sendiri di masa yang akan datang. 

Jika anda lebih percaya diri, maka lebih banyak orang akan beralih mempercayai diri anda. Hasilnya anda dapat menjadi lebih kuat, orang yang lebih di hormati, dan lebih berpotensi meraih sukses dalam hidup.

Baca juga : Cara Mencari Investor Terpercaya

Itulah tulisan artikel tentang Tips Mengatasi Tidak Percaya Diri, saya harapkan artikel ini dapat membantu anda dalam mengatasi kurang percaya diri di dalam forum atau komunikasi sosial.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.