Alasan mengapa kita harus menabung emas adalah nilainya tinggi Disaat ada Krisis, emas adakah logam mulia yang sangat populer di berbagai belahan dunia. 

Semua budaya di dunia ini sangat mengenal lagam ini, logam ini adalah salah satu simbol kemakmuran suatu bangsa. 

Di era modern dan ditengah banyaknya gejolak global seperti saat ini, kita sering kali mendengar dan membaca berita bahwa ekonomi global terancam resesi. 

Tak jarang pula, kita mendengar bahwa sejumlah investor mulai beralih menuju aset safe haven. Salah satu komoditas yang sering disebut sebagai aset safe haven yaitu Emas.

keuntungan-investasi-emas-yang-perlu-anda-ketahui

Logam mulia emas sebenarnya sudah menjadi pilihan investasi terbaik, emas adalah sarana untuk meningkatkan kekayaan jauh sebelum kebanyakan orang mengenal investasi portofolio berupa surat berharga saham, obligasi dan reksadana. 

Alasan Menabung Emas adalah Safe Heaven nilainya yang tinggi Disaat krisis melanda dunia atau negara. 

Keuntungan investasi emas yang perlu anda ketahui 

Seiring berjalannya waktu, mayoritas pelaku pasar saham lalu menganggap emas sebagai aset simpanan yang harus dimiliki. Emas digadang-gadang sebagai aset simpanan yang bernilai tinggi disebabkan oleh beberapa hal seperti :

Emas tidak berisiko kehilangan nilainya

Emas dipercaya sebagai alat penyimpan nilai atau “store of value”. Emas tidak dipengaruhi oleh kebijakan suku bunga, kebijakan moneter atau fiskal atau kebijakan yang lainnya, yang ditetapkan oleh bank sentral ataupun pemerintah. 

Simpanan yang berkualitas dan bernilai tinggi banyak dicari investor untuk menghindarkan mereka dari kerugian ketika terjadi krisis keuangan. 

Itulah mengapa, harga emas justru cenderung akan beranjak naik ketika ekonomi dunia diliputi ketidakpastian, atau sedang terjadi krisis.

Emas dapat mengurangi kerugian saat pasar saham menurun

Saat pasar saham menurun, sejumlah analis akan cenderung menyarankan untuk beralih untuk berinvestasi ke emas. 

Emas dinilai dapat melindungi aset dari gerusan inflasi dalam jangka waktu yang lebih lama. 

Oleh sebab itu, emas dapat disimpulkan sebuah asuransi bagi investor ditengah krisis. 

Emas merupakan alat pertukaran umum. 

Seperti yang kita tahu waktu masih sekolah, didalam sejarah dan budaya di dunia ini Emas memang pernah menjadi nilai tukar sebelum adanya uang kertas maupun logam dalam aktivitas ekonomi. 

Tak heran di tengah gejolak pasar modal seperti saat ini, sering kali emas ikut menjadi sorotan ketika memilih untuk berinvestasi. 

Namun, tak jarang juga kita melihat pergerakan emas yang cukup dinamis tenang tidak terjun bebas nilainya bahkan cenderung naik. 

Suatu aset dikatakan memiliki nilai tinggi adalah ketika terjadi krisis dalam pasar finansial maka aset tersebut dianggap tidak berkaitan memiliki hubungan negatif dengan aset atau portofolio investasi lainnya.

Dengan kata lain, emas merupakan aset safe haven yang diharapkan dapat bertahan atau bahkan nilainya dapat meningkat lebih baik ketika terjadi gejolak pasar atau ketika aset investasi lain tengah menurun ketika adanya krisis. 

Oleh karena itu, di tengah ancaman seperti krisis, investor akan cenderung memilih aset safe haven, Salah satunya yaitu emas, untuk melindungi diri dari kerugian yang tidak diinginkan. Yuk mungkin ini saatnya kita mulai menabung emas. 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *