Ketika Membuat channel youtube baru, anda pasti belum punya subscriber, jadi untuk meningkatkan view dan subscriber pertama anda bisa mengoptimalkan video anda untuk meningkatkan view dan subscriber. 

cara-nyari-ide-untuk-konten-youtube

Video jenis apa yang paling disukai algoritme? Youtube, itu adalah salah satu pertanyaan yang selalu di tanyakan oleh seorang youtubers pemula. 

Percaya atau tidak, algoritme di youtube tidak memilih opini tentang konten yang Anda buat. 

Algoritme tersebut berfokus pada konten yang kemungkinan disukai oleh penonton youtube berdasarkan sejumlah faktor seperti:

  •  video yang mereka tonton sebelumnya. 
  • konten yang disukai & tidak sukai. 
  • serta masukan yang mereka berikan di youtube. 

Jadi, daripada anda sibuk mencoba memuaskan algoritme youtube, berkonsentrasilah pada membangun penggemar atau subscriber chanell anda di youtube. 

Dengan begitu, algoritme akan mengikuti pada konten yang anda buat di youtube, dan anda akan mendapatkan penonton setia di youtube. 

Intinya sih fokus dulu meningkatkan view dan rangking di “Youtube Search” untuk nyari ide konten di youtube anda bisa menggunakan tool “Related keyword Generator” dari semanticarticle,com. 

Tool ini berfungsi untuk scrapping “keyword atau Kata kunci” yang ada di Youtube, Jadi semua keyword yang muncul di tool ini adalah konten yang banyak di cari di youtube.

Anda tinggal pilih saja keyword yang persainganya masih belum begitu banyak Sehingga anda bisa masuk rank atas di Youtube. 

Misalkan channel anda adalah channel tentang review , anda bisa mengetik “review” Kemudian klik “generate Keyword”. maka anda akan mendapatkan banyak ide tentang review produk. 

kemudian dari ide tersebut, anda bisa cek persaingan dan potensinya di youtube search. Jika disana masih kosong yang bahas review, anda tinggal bahas saja,  mungkin channel anda bisa cepat naik ranking atas di youtube untuk kategori keyword tersebut. 

Apalagi kalau di youtube anda bisa melihat  ada channel dengan subscriber kecil, tapi penontonnya banyak, Ini bisa jadi ide, ternyata konten tentang review sangat diperlukan. 

Karena seorang pembeli tidak ingin rugi ketika beli sesuatu, yaitu dengan cara mengetahui produk apa yang cocok ketika dibutuhkan. 

Dibagian bawah, terdapat kolom Related keyword dan root keyword. Root Keyword dapat dikatakan topik utama keyword. 

Dan related keyword adalah cabang dari topik utama. fitur root keyword ini bisa digunakan untuk nyari-nyari ide niche. 

Sebenarnya tool ini juga ada fitur agar video anda bisa rangking banyak keyword terkait sekaligus,  tapi masih dalam masa pengembangan. Tetapi ini cuma untuk nyari ide untuk dapat konten di youtube. 

Tetap saja kualitas isi video dan thumbnail anda sangat besar, karena kalau thumbnail gak menarik ya gak ada yang klik. 

Dan kalo video jelek, sudah pasti watch time pendek, sedangkan penonton yang betah nonton itu kunci keberhasilan sebuah channel.

Disini saya mau coba sharing pengalaman saat saya mencoba membuat video di YouTube. Saya bisa sampai sekarang juga karena belajar dari internet tentang youtube ini, jadi saya pikir saya juga harus berkontribusi bagaimana cara menjadi seorang youtubers di Internet.

Untuk yang baru mulai membuat channel youtube, saya sarankan tetap semangat dan terus belajar, dan tetap sambil bekerja offline. 

Cara Nyari Ide untuk konten Youtube

Jangan mengharapkan hasil yang berbeda jika cara yang digunakan sama, yaitu bingung mencari konten.
Sedikit tips dari saya melalui artikel ini semoga bermanfaat bagi anda:

Tentukan dulu konten channel.

Tentukan dulu mau bikin konten tentang apa, karena ini akan menjadi pedoman anda dalam membuat konten video kedepannya. 

Tetapi anda harus cek juga, apakah jenis konten Youtube yang anda pilih tersebut CPMnya tinggi atau rendah. 

Persaingan nya penontonnya ramai atau rendah, Kenapa kita harus melihat CPM terlebih dahulu. 

Karena kita sebagai youtuber mendapatkan duit dari para perusahaan yang pasang iklan di google. 

Nah tarif memasang iklan itu beda-beda tiap kategori konten yang di Iklan kan, saya harap anda jeli dalam memilih konten.

Tentukan penonton

Setelah anda menentukan channel seperti ap yang anda but nanti, selanjutnya menargetkan penonton, termasuk gender, usia, wilayah negara atau kota. 

Tentukan dulu mau penonton indonesia atau bule? CPM bule lebih besar dari Indonesia. Tapi bikin konten untuk bule gak gampang juga karena harus paham bahasa inggris dan sesuai dengan budaya mereka.

Fokus di 4000 jam tayang dan 1000 subscriber

Setelah anda selesai menemukan channel konten Youtube dan penonton, sekarang fokuslah di 4000 jam tayang dan 1000 subscriber. 
Karena ini syarat mutlak channel anda dapat di monetisasi, jika channel anda di tolak ketika di monetisasi anda dapat mengevaluasi kesalahan apa yang harus anda perbaiki. 
Buatlah konten yang banyak dicari orang, jangan bikin konten sesuka hati kecuali kamu publik figur yang selalu dicari orang.

Ingat jika anda bukan publik figur yang selalu dicari orang, mereka membuat konten kehidupan sehari-hari itu banyak yang nonton. 

Mereka tidak perlu mikirin SEO karena banyak orang yang ingin mengetahui kehidupan mereka dengan cara nulis nama mereka sendiri. 

Kalau saya sarankan selalu membuat konten yang menjawab permasalahan orang. Misalnya cara mengedit video di laptop atau di handphone, Teman-teman bisa riset di google. 

kira-kira orang punya masalah apa tentang mengedit video, terus keyword seperti apa yang dipakai. 

Cek juga saingan keyword yang digunakan di YouTube, adakah video yang serupa? Kalau ada kira-kira bisa bersaing gak? 

Kalau menerapkan SEO sudah optimal, coba share ke orang-orang yang menjadi target penonton teman-teman. 

Misal teman-teman videonya tentang  review produk atau tutorial, masuklah ke grup-grup bisnis di facebook terus share video kalian di situ.

Sekian artikel sederhana dari saya, maaf kalau ada kekurangan, saya juga masih belajar kalau ada ide lain saya akan menulis artikel lagi di website ini atau mengupdate artikel ini. 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *