Bisnis online merupakan semua jenis kegiatan bisnis yang di kerjakan secara online (melalui internet). Setiap seorang pengusaha yang sebagian maupun semua aktivitas transaksi bisnisnya dikerjakan melalui internet, dapat dikatakan mereka menjalankan bisnis online. 
Cara-Mencari-Suppliyer
Pada saat ini, bisnis online sudah banyak dikerjakan orang bahkan sebagian dari mereka yang paham internet marketing menjadikan bisnis online sebagai bisnis utama mereka. 

Cara mencari suppliyer produk terpercaya 

Mengapa bisnis online menjadi sebuah pilihan? bandingkan antara Bisnis Konvensional (Offline) dengan Bisnis Online.

Bisnis Konvensional

  • Modal relatif cukup besar, misalnya membuka sebuah toko, nilai sewa tempat ruko cukup tinggi, maupun membangun sendiri, harus mempunyai tanah yang strategis. 
  • Memerlukan pegawai untuk mengembangkan bisnis. 
  • Jangkauan konsumen terbatas oleh jarak dan waktu, mungkin hanya seberapa jarak, mungkin satu desa atau kecamatan. Dan sudah banyak yang membuka toko bisnis yang sama
  • Tidak dapat membuka toko full time, ada jam buka, tidak dapat buka 24 jam
  • Bergantung dengan cuaca, jika cuaca hujan jarang ada pembeli, 
  • Anda harus terlibat langsung, menangani berbagai macam jenis kegiatan bisnis anda

Bisnis Online

  • Tidak memerlukan toko dalam bentuk fisik, anda cukup mempunya website atau toko online di marketplace. 
  • Bisa tanpa pegawai, anda dapat mengurusnya dengan menggunakan laptop maupun handphone tanpa harus mempunyai pegawai. 
  • Jangkauan pemasaran luas, dapat menjangkau satu negara maupun seluruh negara. 
  • Bisa di buka full time 24 jam penuh
  • Bebas kendala cuaca, asal masih tersambung internet, anda masih bisa mengelola toko online anda. 
  • Anda tidak harus bekerja full time, bisa dibuat jadwal otomatis. Butuh sedikit penanganan  manual saja, selebihnya dapat di kelola secara otomatis. 

Bisnis Online sendiri ada beberapa jenis

  • Online to Online : Maksudnya jenis kegiatan bisnis online yang dijalankan secara online juga. Contohnya jualan domain dan hosting, jualan ebook, jasa web design, SEO service, dll.
  • Online to Offline : Maksudnya jenis kegiatan bisnis online yang kemudian dijalankan secara offline. Contohnya: seminar bisnis online, kursus sekolah web design, pelatihan SEO, dll.
  • Offline to Online : Maksudnya jenis kegiatan bisnis online yang sebenarnya dijalankan secara offline tetapi kemudian dipromosikan dengan melalui media online. Contohnya toko-toko online yang menjual barang fisik, seperti baju, separepart motor, handphone, laptop. 
Sementara itu berdasarkan peran para pengusaha bisnis online, bisnis online pelakunya disebut ada 3 pihak:
  • Owner : adalah pemilik produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Marketer : adalah para ahli penjual produk yang tidak mempunyai produk tersendiri, dengan cara tersendiri. 
  • Publisher: adalah para pemilik web yang menyediakan ruang untuk melakukan promosi produk tersebut. 

Syarat jika anda ingin menjalankan bisnis online 

Mampu mengoperasikan PC atau Laptop
Karena semua kegiatan bisnis dijalankan via online atau lewat internet maka kemampuan mengoperasikan laptop mutlak diperlukan, menggunakan handphone juga bisa, tetapi fitur yang di berikan kurang puas, saya sarankan untuk Menggunakan laptop agar dapat di bawa kemana-mana. 
Mempunyai koneksi internet yang cepat
Kecepatan koneksi internet sangat fital di butuhkan, karena dapat berpengaruh dalam menjalankan bisnis online, jangan sampai aktivitas bisnis anda anda tertunda karena koneksi internet yang lemot. Bisa-bisa anda akan kesal dibuatnya, karena saya juga pernah mengalami hal seperti ini.

Memiliki email

Membuat email sekarang adalah hal yang cukup mudah. Untuk melakukan bisnis online, sebuah email banyak sekali manfaatnya. Jadi biasakan diri anda untuk berinteraksi menggunakan email. 
Email dapat bermanfaat untuk berkomunikasi dengan pelanggan, mengirim sales letter, mendaftarkan profil diri diberbagai website, dll anda juga dapat mengunakan aplikasi pesan singkat untuk meningkatkan kualitas komunikasi anda dengan pelanggan anda seperti WhatsApp, telegram. 

Memiliki akun bank lokal

Sebaiknya anda mempunyai lebih satu rekening bank lokal, ya setidaknya tiga bank. Karena hal ini akan memudahkan customer anda untuk melakukan transfer uang. 
Biasanya customer akan cenderung mencari akun bank yang sama, tetapi sekarang sudah ada banyak jasa rekening bersama, untuk mengamankan dana pembeli sebelum memegang produk yang dia beli kemudian uang tersebut akan di transfer ke penjual apabila produk tersebut sudah di pegang oleh pembeli. 

Memiliki akun bank sedunia

Paypal contohnya. Syarat ini tidak terlalu penting, Jika anda menargetkan pasar luar negeri maka anda harus mempunyai akun paypal, atau jasa rekber sedunia. Karena hal ini memudahkan anda untuk bertransaksi jual beli. 

Masalah pebisnis pemula

Beberapa kendala yang sering dihadapi oleh calon pebisnis toko online pemula, diantaranya adalah : 

  • Tidak mempunyai modal. 
  • Kesulitan menemukan barang yang akan dijual. 
  • Belum menemukan supplier yang tepat dll. 
Jika anda memproduksi atau mempunyai produk yang dapat anda jual di toko online, maka anda tinggal mempromosikannya saja. 
Tapi apa yang terjadi jika anda ingin membuka toko online namun tidak mempunyai produk sendiri? Maka anda dapat menjual produk orang lain. 
Nah, dari sinilah anda harus mencari supplier yang terpercaya yang dapat anda jual produknya. Bagaimana menemukannya? Berikut ini caranya 

Cara mencari supplier produk yang Terpercaya 

Bekerja sama dengan supplier langsung
Carilah supplier secara offline atau anda bisa bertemu langsung dengan pebisnis. Tawarkan kerjasama yang saling menguntungkan. Supplier sangat menarik bagi orang yang ingin menjual kembali produk yang telah terbeli. 
Carilah seorang supplier pada tangan pertama sehingga anda bisa mendapatkan komisi yang cukup besar karena harga yang diberikan cukup murah. 
Usahakan supplier yang anda dapatkan satu kota dengan anda, dengan begitu anda akan mudah untuk mengontrol dan stok barang. 

Cari di Google

Jika anda tidak pandai bernegosiasi bisnis secara langsung anda dapat mencari alternatif supplier di Google. Pilihannya juga banyak. 
Saya sarankan carilah seorang supplier yang memasang iklan di google karena dengan memasang iklan di internet, itu menunjukkan bahwa supplier tersebut serius.

Perhatikan Pelayanan Supplier

Anda sesering kali, juga harus dapat memperhatikan pelayanan suplier anda, karena terkadang dijumpai ada supplier yang kurang responsif. Jika respon yang diberikan lambat maka usaha anda tidak akan berjalan baik. 

Carilah supplier yang memiliki respon pesanan yang cepat, mudah dihubungi, lancar komunikasinya, dapat memberikan dukungan yang baik kepada para reseller maupun dropshipper, dapat menangani pemesanan ke semua wilayah. 

Bergabung dengan Komunitas Supplier

Dengan bergabung bersama komunitas supplier anda akan bisa mendapatkan banyak sekali informasi, masukan dan anda dapat menemukan supplier yang anda cari. Anda dapat mulai menjalin kerjasama dengan mereka yang menjadi supplier.

Perhatikan syarat Ketentuan yang Diberikan Supplier

Anda harus memperhatikan syarat dan ketentuan yang diberikan oleh supplier anda. Anda pelajari setiap hari, syarat dan ketentuan gunanya untuk mengikat kedua belah pihak dan tidak merugikan salah satu pihak. 
Patuhi syarat dan ketentuan yang telah diberikan karena anda pasti mengharapkan kerjasama yang terjalin dapat berjalan untuk jangka waktu yang lama. 

Miliki Beberapa Supplier

Anda jangan hanya fokus pada satu supplier saja. Carilah beberapa supplier produk yang lain. Selain bermanfaat untuk memvariasikan produk yang anda jual, ini juga berguna di waktu lain yang akan datang. 
Seiring waktu yang berjalan anda akan dapat menilai supplier mana yang akan menjalin kerjasama dalam waktu jangka panjang dan mana yang hanya jangka pendek. 
Terkadang ditengah berjalannya bisnis, supplier dalat mengubah ketentuan kebijakan, misalnya saat pertama anda bergabung, anda tidak dibatasi minimal per order. 
Seiring waktu berjalan, mungkin karena meningkatnya target penjualan maka supplier mensyaratkan minimal belanja beberapa sekian juta untuk sekali order. 
Bagi anda tentu hal ini menjadi tantangan sekaligus masalah baru. Tidak sedikit dari anda yang baru terjun, tentu keberatan dengan perubahan syarat seperti ini dan akhirnya akan memutuskan mengakhiri kerjasama. 
Tapi jika anda sudah mempunyai banyak supplier, anda tidak usah khawatir jika toko online anda sepi, karena toko online anda akan tetap bisa berjalan dengan supplier produk lainnya. 
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *