Siapa sih yang tidak mengenal facebook? Salah satu platform media sosial yang paling populer di dunia, semua orang yang ada di seluruh dunia tentu sudah tidak asing lagi dengan situs jejaring sosial populer ini. 

Kabarnya, pada saat ini facebook sudah memiliki pengguna aktif sebanyak 1 milyar lebih, ingat ya penguna aktif, tanpa akun bodong. 

cara-membuat-iklan-yang-menarik-di-facebook

Jika Anda ingin menjangkau lebih banyak konsumen produk yang anda jual, Anda tentu harus dapat memanfaatkan fitur terbaik dari facebook, yakni Facebook Ads, atau biasa dikenal juga sebagai Facebook Advertising. 

Membuat iklan di facebook dengan layanan ini memang sangat menggiurkan, sebab di facebook Anda dapat mempromosikan produk hingga ke milyaran pengguna di seluruh dunia. 

Secara otomatis dengan menggunakan layanan dari facebook ini, Anda dapat meningkatkan penjualan produk Anda.

cara membuat iklan yang menarik di facebook

Untuk membuat iklan facebook Anda lebih menarik di facebook dan beda dengan yang lain, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, seperti di bawah ini :

Tentukan Tujuan Beriklan

Cara ini dapat dikatakan sebagai langkah paling utama sebelum Anda menuju langkah selanjutnya. 

Tentukan dahulu apa tujuan Anda beriklan di facebook, apakah ingin menambah jumlah like di halaman facebook Anda? untuk berjualan produk anda, ataukah untuk meningkatkan jumah traffic website anda? 

Tentu saja semuanya dapat dilakukan lewat Facebook, namun yang paling penting adalah fokus tujuan awal beriklan di Facebook supaya bisa lebih menghemat tenaga dan waktu anda. 

Selain itu, dengan fokus membuat iklan, tentunya dapat menghasilkan iklan facebook yang bagus.

Maksimalkan Target Pemasaran

Memaksimalkan target pemasaran merupakan cara sukses agar iklan Anda dapat muncul di halaman facebook agar tepat sasaran. 

Facebook telah memberikan fitur yang dapat menargetkan iklan pada orang yang tepat dan sesuai keinginan. Namun semuanya tergantung dari cara yang Anda lakukan. 

Situs jejaring media sosial ini dapat memberikan berbagai pilihan target marketing sesuai kategori, mulai dari wilayah, umur, gender, tingkat pendidikan, status hubungan, bahasa yang digunakan dan tempat kerja. 

Jika Anda menentukan target iklan dengan lebih spesifik, tentu saja dapat menghemat anggaran beriklan anda sekaligus menjadikan iklan lebih tepat pada sasaran.

Pilih Kalimat yang sederhana tapi jelas 

Facebook menyediakan space menulis untuk membuat judul iklan sebanyak 25 karakter dengan deskripsi penjelasan singkat sebanyak 135 karakter. 

Hal ini tentu saja sangat terbatas, untuk membuatnya Anda harus menuliskan kalimat-kalimat yang lugas dan tepat. 

Anda harus dapat membuat kalimat dengan jelas tentang produk yang akan anda tawarkan. 

Selain itu, masukkan pula kalimat yang Anda inginkan supaya calon konsumen mau melakukan klik iklan anda.

Menyiapkan Gambar Semenarik Mungkin

Untuk membuat iklan anda di facebook lebih menarik, buatlah gambar iklan yang Anda buat harus berbentuk statis atau berbentuk gambar bergerak. 

Hal tersebut dikarenakan facebook mendukung layanan iklan bergerak. Maka dari itu, ciptakan gambar iklan yang menarik. Untuk ukuran gambarnya, sebaiknya tidak melebihi 110×80 pixel. 

Anda masih dapat memanfaatkan ukuran gambar lainnya, namun harus memiliki aspect ratio 4:3. Tak hanya itu, sebaiknya ukuran gambar tidak melebihi 8 MB saat diupload ke facebook. 

Jika ukuran gambarnya ternyata lebih besar atau lebih kecil dari yang diharapkan, maka facebook pun akan melakukan resize secara otomatis pada ukuran gambar yang Anda upload. 

Untuk itu, sebaiknya Anda menyesuaikan ukuran gambarnya sendiri agar hasilnya sesuai dengan keinginan anda.

Pilih Halaman Tujuan

Facebook mengizinkan Anda untuk mengarahkan orang agar mengklik iklan menuju situs lain yang menuju keluar facebook, aplikasi, event, atau menuju halaman tertentu. 

Tiap-tiap pilihan menawarkan keuntungan tersendiri, namun Anda juga harus menyesuaikan halaman tujuan facebook yang diinginkan.

Setelah semua cara di atas dipersiapkan, untuk bisa mendapatkan iklan facebook terlihat lebih menarik, anda bisa melakukan tes iklan terlebih dulu sebanyak yang Anda inginkan, agar iklan yang anda gunakan cocok dengan kriteria produk anda. 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *