Mengenal lebih dekat tentang WordPress, Jika anda baru menggunakan WordPress, maka mungkin anda telah mengetahui betapa mudahnya dalam menginstal Wordress tersebut. 
Pengertian-wordpress
Hanya dalam beberapa menit saja, website yang anda buat sudah jadi, nah bagi anda yang belum mengetahui tentang apa itu WordPress. Langsung saja berikut ini paparannya untuk anda.

WordPress

WordPress merupakan aplikasi open source yang sangat populer untuk digunakan dalam mesin blog. Basis data pada WordPress adalah (database) MySQL dan untuk bahasa pemrogramnya adalah PHP. 
WordPress merupakan penerus resmi pada b2/cafelog. Nama WordPress diusulkan Christine Sellect, yaitu teman dari Matt Mullenweg. Pada saat ini, WordPress telah menjadi platfrom dari content management system (CMS) untuk beberapa situs web, si antaranya adalah :
  • CNN
  • REUTERS
  • TIMES
  • THE NEW YORK
  • TECHCRUNCh, dll.

Sejarah WordPress

WordPress dimulai pada saat Matt Mullenweg sebagai pengguna aktif b2 telah mengetahui sebenarnya proses dari pengembangan b2 telah diberhentikan oleh pemrograman yaitu Michael Valdrighi. 
Sehingga Matt Mullenweg ingin melanjutkan kembali pengembangan b2 karena merasa sayang untuk dilewatkan.
WordPress sendiri pertama kali muncul pada tahun 2003, yang merupakan hasil kerja keras dari Matt Mullenweg bersama Mike Little, hingga WordPress semakin terkenal oleh pengguna internet. 
Hal ini karena banyaknya tampilan menarik dan banyaknya fitur-fitur tertentu yang juga disebabkan dukungan dari komunitas- komunitas pada perangkat lunak pada sumber terbuka yang disediakan untuk blog.
Ada dua macam wordpress yang digunakan oleh para web development, yaitu wordpress.org yang versi berbayar dengan segala fitur dan keunggulan nya, dan wordpress.com versi gratis dengan keterbatasan yang digunakan.

WordPress.org

WordPress.org adalah wilayah pengembangan, yaitu pada alamat ini seseorang dapat mengubah aplikasi dengan seluruh berkas pada CMS WordPress. 
CMS ini bisa diedit ulang ketika seseorang tersebut dapat menguasai CSS, PHP dan skripsi lainnya. WordPress sekarang sudah memakai bahasa Indonesia yang merupakan berkat kerja dari kontributor Indonesia. 
Dipimpin oleh seorang mahasiswa dari Kedokteran Universitas Diponegoro (UNDIP) yang bernama Huda Toriq.

WordPress.com

WordPress.com adalah situs layanan pada blog dengan memakai hosting WordPress, yang didirikan perusahaan Automatic. Ketika anda mendaftar pada WordPress.com, maka anda tidak perlu lagi untuk melakukan konfigurasi atau instalasi yang begitu sulit. 
Tetapi, jika anda menggunakan WordPress.com, anda tidak bisa mengubah template yang standar yang telah disediakan. Artinya, anda sebagai pengguna tidak bisa menambah asesoris lainnya yang telah disediakan, seperti plugin template. 
Walaupun begitu, fitur-fitur yang telah disediakan oleh WordPress.com juga cukup bagus dan sudah dapat digunakan untuk membuat website

Berikut ringkasan dari perbedaan penggunaan WordPress.org dengan WordPress.com

WordPress.org : bagi anda yang memang menginginkan modifikasi pada WordPress sesuai dengan kebutuhan sendiri ataupun yang ingin membuat blog dengan memakai server hosting dan alamat domain sendiri.
WordPress.com : bagi anda yang menginginkan membuat sebuah blog sendiri dengan cepat dan mempunyai alamat website, secara gratis. Itulah beberapa artikel tentang WordPress.
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *