Bagaimana cara untuk menambah jumlah nilai konversi dari situs Anda baik untuk menambah jumlah email list atau menambah jumlah konsumen? 
Cara-Membuat-Landing-Page-Berkualitas
Ataupun untuk meningkatkan kualitas penjualan, Salah satu komponen penting dalam untuk masuk menuju konversi yang menanjak adalah dengan membuat landing page di halaman WordPress Anda. 
Landing page adalah skenario teknis yang mengarahkan pengguna internet untuk masuk ke halaman tertentu pada situs Anda, sebagai pintu masuk pengunjung untuk melakukan eksplorasi di dalam situs Anda.

Cara Membuat Landing Page Berkualitas

Tujuan utama membuat landing page adalah menarik perhatian dan minat pengunjung dengan konten yang mempunyai kualitas bagus , dan meyakinkan para pengunjung untuk melakukan apa yang Anda inginkan. 
Pada tehnik yang umum, biasanya CTA yang ditampilkan adalah untuk email subscription, mengklik tautan link tertentu, membeli sebuah produk, atau yang berhubungan dengan media sosial misalnya mengklik share, like, dan sebagainya.
Untuk meningkatkan jumlah konversi landing page, faktor yang sangat penting adalah desain halaman. Seringkali landing page didesain berbeda dengan halaman-halaman lainnya.  
Karakter desain untuk landing page umumnya minimal, tidak ada sidebars, tidak ada footing, dan tidak ada logo yang dapat diklik. 
Tujuannya adalah agar pengunjung yang masuk fokus dengan CTA pada halaman tersebut. Bagaimana caranya membuat landing page yang berkualitas?

Dengan Menggunakan Plugin

Satu lagi keuntungan membuat situs dengan WP sebagai CMS nya adalah, di mana ada plug in untuk memenuhi kebutuhan Anda untuk optimasi, termasuk dalam membuat landing page. 
Dengan menggunakan berbagai macam plug in pembuat landing page, bisa membuat halaman khusus ini dengan cara yang lebih sederhana, lebih cepat, dan tidak perlu menguasai bahasa pemrograman. 
Banyak plug in yang menyediakan template desain yang bisa Anda gunakan untuk dimodifikasi, atau bahkan membuat sendiri desain landing page mulai dari nol menggunakan berbagai macam elemen yang telah disediakan. 
Untuk plug in dengan performa yang lebih maksimal sebaiknya pilih plug in yang berbayar karena yang gratis punya banyak keterbatasan dalam penggunaannya.

Menggunakan Theme Builders

Siapa saja kini dapat membuat landing page dengan desain seperti yang dibuat oleh seorang desainer profesional. 
Dengan menggunakan theme builders Anda dapat membuat desain halaman situs dengan cara yang paling mudah, tanpa harus mengerti kode-kode bahasa pemrogaraman. 
Ketika anda sedang mencari theme builders, Pilih theme builders yang menggunakan metode drag and drop yang bisa memberikan Anda kebebasan dalam mendesain yang lebih fleksibel. 
Beberapa theme builders yang saya rekomendasikan antara adalah Divi, Builders, Hestia, dan Beaver.

Menggunakan LeadPages

Jika menurut Anda investasi menggunakan uang lebih efisien dibandingkan dengan investasi waktu, maksudnya yaitu langsung membeli plugin khusus untuk membuat landing page, daripada harus belajar banyak tentang landing page. 
LeadPages adalah tool berbayar yang dapat menghemat waktu untuk membuat landing page dengan harga yang tidak terlalu mahal. 
Anda dapat membuat opt-in forms untuk menambah email lists yang lebih banyak, dan membuat landing page dengan UX yang lebih tinggi.
Membuat Landing Page WordPress Konversi Tinggi Menggunakan Teknik Copywriting Kualitas sebuah landing page WordPress berdampak pada tingkat nilai konversi. 
Sementara konversi itu sendiri adalah saat pembaca mau melakukan sebuah tindakan yang Anda inginkan. 
Banyak faktor yang bisa menjadi referensi sukses atau tidaknya hasil penjualan Anda melalui sebuah landing page ini. Namun copywriting menjadi salah satu yang paling penting. 

Teknik Copywriting

Bagaimana melakukan teknik copywriting yang baik untuk sebuah landing page yang berkualitas, berikut ini beberapa tipsnya:
Tentukan satu saja, tujuan dari landing page
Salah satu alasan buruknya kualitas sebuah landing page, saat Anda memiliki satu tujuan landing page itu bisa meningkatkan nilai penjualan. 
Landing page lebih dari satu tujuan, akan membuat teknik copy yang Anda lakukan kacau balau. Landing page harus memiliki satu tujuan akhir. Semisal membeli produk saja, atau memasukkan email saja atau menghubungi via email dan telepon saja. 
Saat Anda telah menentukan satu tujuan landing page, maka semua komponen landing page mengarah pada satu tujuan tersebut.
Lantas bagaimana solusi landing page dengan lebih dari satu tujuan? Anda harus membuat landing page lebih dari satu juga. 
Contoh mudahnya, saat ada yang membeli maka pembeli harus menghubungi email atau nomor telepon. 
Ini berarti tujuan landing page Anda ada dua, maka solusinya adalah membuat dua landing page untuk kedua tujuan tersebut. 
Landing page pertama untuk membeli dengan tampilan tombol pembelian. Ketika tombol ditekan, arahkan pada tampilan cara pembayaran.
Pahami tentang komponen utama sebuah landing page yang efektif
Mengulas komponen landing page mana yang efektif sangatlah banyak. Jika harus dipilih yang paling utama yang paling efektif itu  salah satunya adalah headline. Membuat headline yang mencuri perhatian adalah hal yang paling penting. 
Pastikan headline tidak membosankan, tidak bertele-tele, langsung dipahami, memberikan manfaat dan lebih personal. 
Membuat subheadline tidak terlalu penting , hanya saja ini akan menjadi komponen penting landing page efektif yang tidak boleh Anda lupakan.
Buat subheadline yang dapat mendukung dan memperkuat sebuah headline. Selain itu subheadline juga harus sesuai dengan headline. Jangan lupakan membuat isi landing page yang memberi solusi sebagai komponen yang efektif. 
Mengingat isi dan informasi landing page ini berfungsi sebagai interest dan desire, ketertarikan dan kebutuhan. 
Pasang testimonial yang dapat mendorong keputusan. Buat CTA (Call To Action) yang menonjol namun tidak menakutkan.
Uji dulu dan dapatkan hasil terbaik
Perlu diingat bahwa tidak ada cara yang ampuh dalam landing page dan copywriting. Tidak ada pula template yang menjamin konversi tinggi. Anda hanya harus belajar cara dan konsepnya, dan mengaplikasikan versi diri sendiri. 
Mengingat penawaran masing-masing orang berbeda-beda, maka hasilnya tentu akan berbeda-beda pula. Karena itu penting untuk dilakukan A/B test atau Split Test. 
Dalam satu kurun waktu yang sama, ditampilkan 2 bisa jadi lebih jenis copy yang berbeda. Jika setelah Anda sudah lakukan tes, dan didapatkan tingkat konversi yang tinggi, semisal hingga 300 persen pada jenis copy B,  maka dapatkan cara formulanya. 
Aplikasikan formula tersebut pada copy landing page Anda berikutnya untuk mendapatkan konversi yang sama. 
Bagaimana cara untuk melakukan pengujian A/B atau split test? Anda dapat melakukan A/B Test dengan menggunakan Optimizely ataupun Google Analytics. 
Namun biasanya A/B Test ini adalah fitur bawaan landing page WordPress dengan menggunakan Unbounce dan LeadPages.
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *