Istilah blogwalking mungkin sudah tidak asing bagi para pengguna blogger. Blogwalking adalah proses dimana ketika seorang blogger saling mengunjungi dan bertukar link untuk menaikan jumlah pengunjung blog. 

Manfaat blogwalking untuk traffic

Blogwalking akan berdampak baik terhadap Search Optimations Engine (SEO) jika dilakukan dengan cara baik dan benar. 
Manfaat-saling-blogwalking
Berikut ini manfaat dari blogwalking :

Memperbanyak Backlink ke Blog

Keuntungan utama dari blogwalking (BW) adalah akan berdampak baik terhadap SEO blog anda. Semakin banyak backlink yang mengarah ke blog anda maka page rank blog akan meningkat dan itu akan membuat peringkat blog anda menjadi baik di search engine.

Menambah Pageview Blog

Pageview yaitu jumlah dari orang yang mau membuka blog anda. Dengan melakukan blogwalking akan dapat menambah jumlah pageview terhadap blog anda. 
Sama halnya dengan anda mengundang penguna internet untuk berkunjung ke blog anda dan menambah jumlah komentar pada postingan yang anda buat. 

Memperluas Wawasan

Manfaat lainnya melakukan blogwalking adalah. Anda akan menemukan ide baru dan dapat memperkaya wawasan dengan mengunjungi blog-blog orang lain dan membaca postingannya. 
Jika anda kehabisan ide dalam membuat artikel, blogwalking adalah salah satu cara yang paling sempurna untuk menemukan ide-ide baru.

Berinteraksi dengan Blogger Lain

Blogwalking bisa membuat anda akan berinteraksi dengan blogger yang lain. Baik Blogger pemula maupun yang sudah professional. 
Dengan begitu anda dapat menemukan informasi baru dari mereka, membantu menghadapi masalah yang sedang anda hadapi atau juga anda dapat sharing dan bertukar pikiran dengan mereka serta dapat pengalaman berharga dari mereka. Yang pasti blogwalking bisa membantu menciptakan hubungan baik antar blogger. 

beberapa kesalahan dalam menjalankan blogwalking 

Ketika anda sudah melakukan Blogwalking, itu belum cukup, anda juga akan menghadapi beberapa masalah.

Dapat di anggap spam

Yang di anggap SPAM adalah sebuah komentar yang tidak diinginkan oleh pemilik blog yang kita komentari, atau komentar yang kita buat dianggap Spam terhadap Google. karena komentar yang dilakukan sama dengan komentar yang ada sebelumnya.

Komentar tidak relevan

Tidak relevan maksudnya, komentar yang dibuat tidak sesuai dengan isi artikel yang dikomentari, contohnya seperti artikel yang di baca tentang kesehatan, dan komentar yang dilakukan tentang bisnis, maka itu bisa di anggap SPAM.

Komentar tidak dipublish

Sebuah komentar jika tidak disukai pemilik blog, maka bukan tidak mungkin jika komentar anda tidak akan dipublish oleh pemilik blog, bahkan akan dihapus dan dimasukan ke dalam daftar spam komentar dan bisa berdampak buruk terhadap blog anda.

Cara Melakukan Blogwalking dengan Benar

1. Baca Artikel Yang Akan Dikomentari terlebih dahulu

Sebelum memberikan komentar terhadap sebuah artikel, sebaiknya artikel yang hendak dikomentari dibaca terlebih dahulu. untuk menghindari komentar yang tidak relevan dengan isi artikel. 

2. Komentar Harus Relevan

Komentar yang Relevan adalah sebuah komentar yang sudah dipublikasikan dan komentar tersebut sesuai dengan topik artikel yang dikomentari. 

3. Berkomentar Pada Blog yang Memiliki konten yang Sama

Berkomentarlah pada blog yang memiliki konten yang sama, agar bisa mendapatkan backlink yang berkualitas dari blog yang bersangkutan. Dengan harapan pemilik blog akan merekomendasikan link yang sama agar menuju ke blog anda karena memiliki kesamaan konten. 

4. Sertakan link menuju blog anda pada kolom komentar

Dengan memasukan link blog ke komentar, maka apabila komentar tersebut dipublikasikan bisa saja menjadi backlink menuju blog anda. 

5. Mencari Blogger yang Mau Bertukar Link

Carilah blogger dengan konten yang sama, untuk menjadi rekan anda, lalu bertukar link. Anda dan blogger lainnya akan dapat saling membantu memperbanyak backlink ke blog masing-masing.
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *