Ada banyak sekali Cara Meningkatkan Traffic Website Secara Gratis. Anda bisa menggunakan Viral marketing tool adalah sebuah alat yang di buat untuk meningkatkan kunjungan ke website anda. Sebagai seorang pebisnis online, kunjungan traffic adalah faktor pertama terjadinya penjualan. 

Sebagus apapun dan semurah apapun produk anda, kalau tidak ada orang yang mengetahui produk anda. Maka tidak akan terjadi penjualan, dan hasilnya adalah zonk.

Kunjungan traffic bisa di dapat dari berbagai sumber. Misalnya dari mesin pencari, dari rekomendasi teman, dari daftar bookmark, dari iklan di media massa atau sosial media.

Cara Meningkatkan Traffic Website Secara Gratis

Pada kesempatan kali ini aaya akan menulis artikel, cara memanfaatkan sosial media sebagai media cara meningkatkan traffic website gratis, tentunya dengan teknik sosial media viral marketing tool.

Mengapa harus sosial media, karena sosial media adalah tempat bertemunya semua pengguna internet dari semua kalangan. Mulai dari kalangan hobi, artis, pelajar, sampai pebisnis. Semua bertemu di sosial media. 

Dan anda harus memanfaatkan peluang tersebut, kita bisa jadikan penikmat sosial media menjadi pengunjung website anda, setelah itu anda bisa berharap semoga mereka mau menjadi pembeli produk anda. 

Setelah website kita memiliki banyak kunjungan, maka apapun dapat kita lakukan dengan website tersebut. 

Misalnya saja menjual produk, memasang banner iklan afiliasi, memasang iklan dari google adsense, bahkan anda juga bisa membuka jasa sewa pemasangan iklan.

Maka langkah yang dapat kamu lakukan supaya promosi kamu benar-benar meningkatkan traffic website adalah sebagai berikut:

Bagikan Produk Gratis 

Bagikan sebuah produk gratis untuk pengunjung website ataupun blog anda, baik pengunjung yang secara langsung maupun pengunjung yang anda jaring dari sosial media. 

Bagikanlah produk yang menarik dan kira-kira di sukai oleh pengunjung website atau blog kamu dan pengguna sosial media. 

Produk yang kamu bagikan kiranya relevan dengan produk yang nantinya akan kamu jual, supaya pengunjung yang mengunjungi website kamu adalah pengunjung yang tertarget.

Sehingga kemungkinan order produk akan menjadi semakin besar. Produk yang dapat kamu bagikan misalnya ebook panduan membuat sesuatu, ebook tips atau informasi seputar suatu hal, biasanya seorang penjual juga memberikan sample produk yang akan di jual (seperti produk graphic). 

Yang harus anda ingat adalah produk yang kamu bagikan harus relefan dengan produk yang nantinya akan anda jual.

Membuat Produk 

Setelah kamu menentukan produk apa yang akan kamu bagikan secara gratis, maka kamu harus membuat produk gratis tersebut. Di usahakan produk yang kamu bagikan adalah produk yang cukup bagus. 

Sehingga orang yang download produk kamu berfikir “produk yang gratisan saja sudah bagus, apalagi yang berbayar” sehingga mereka akan tertarik membeli produk kamu.

Sediakan Link Download 

Uplod produk tersebut, buatkan sebuah halaman khusus untuk mendownload produknya (direct link download). Halaman inilah yang nantinya akan kamu gunakan dalam membuat tombol share to download.

Jadi setelah pengunjung share produk anda, arahkan mereka ke halaman ini, jangan arahkan ke link download secara langsung, tapi buat mereka mengunjungi website kamu lagi.

Sedangkan halaman yang di share adalah halaman di mana tombol share to download di di letakkan. 

Membuat Pilihan 

Berikan rekomendari produk di 2 halaman tersebut, yaitu di halaman tombol share to download di letakkan, dan halaman download seteah share. 

Sisipkan juga rekomendasi produk di dalam free produk yang kamu bagikan untuk meningkatkan peluang penjualan. Rekomendasi produk adalah produk yang kamu jual.

Membagi Minat Pengunjung 

Jika kamu punya lebih dari 1 blog, arahkan link download tersebut ke blog yang lainnya untuk meningkatkan traffic.

Misalnya: free gift dari blog A, link downloadnya di arahkan ke salah satu halaman di blog B, sehingga selain pengunjung mengunjungi blog A, pengunjung juga mengunjungi blog B. 

Sebaliknya demikian free gift dari blog B, link downloadnya di arahkan ke salah satu halaman di blog A, sehingga selain pengunjung mengunjungi blog B, pengunjung juga mengunjungi blog A.

Target Pengunjung 

Target pertama adalah kunjungan, setelah itu, jadikan kunjungn menjadi penjualan. Jadi semakin banyak kunjungan maka peluang penjualan juga akan semakin besar.

Share Produk 

Dengan Share produk gratis kamu di sosial media yang kamu miliki, lakukan maksimal 3 hari sekali, jangan terlalu sering, nanti teman kamu bosen. Share dapat anda lakukan di beranda media sosial, dan di group-group yang anda sudah gabung di dalamnya.

Ini merupakan salah satu cara meningkatkan traffic website secara gratis yang paling efektif. Media sosial dapat memainkan peran terpenting dalam pemasaran online. Platform gratis sosial seperti Facebook dan Instagram dapat menjadi media terbaik untuk menggiring penggunanya ke website Anda.

Bangun branding website yang tepat untuk meraih calon customer di media sosial, lalu buat post konten yang relevan untuk pengguna media sosial. Akan lebih bagus jika konten postingan yang Anda buat informatif dan menghibur.

Sehingga dapat dibagikan (share) ulang oleh orang-orang. Gunakan juga #hashtag yang populer dan trending agar postingan Anda ditemukan bersama produk serupa lainnya.

Membuat Banner 

Buatlah sebuah web banner download gratis. Letakkan banner tersebut di sidebar, sehingga pengunjung blog akan melihat banner tersebut setiap kali membuka post maupun halaman blog. 

Arahkan banner tersebut menuju halaman tombol share to download yang kamu letakkan di blog lainnya supaya blog kamu yang lain juga mendapat kunjungan. 

Arahkan pengunjung yang sudah share produk kamu ke halaman download yang juga di letakkan di blog lain. Tujuannya supaya semua blog kamu mendapatkan kunjungan oleh orang tersebut.

Meningkatkan Traffic dengan Google My Business Listing

Misalnya, Anda memiliki toko baju, Anda harus segera mendaftarkan lokasi dan informasi toko baju Anda di Google My Business agar toko Anda dapat di temukan dengan mudah saat seseorang mengetikkan keyword yang relevan.

Baca juga : Tips Jualan Baju Online Untuk Pemula

Jika toko Anda berlokasi dekat dengan user, fitur ini dapat sangat memudahkan Anda untuk langsung dikunjungi dengan arahan (Directions) dari Google Maps yang terintegrasi.

Jadi, jika Anda belum memiliki website khusus untuk toko baju Anda, sebaiknya Anda segera memilikinya. Lalu bagaimana Cara Membuat Toko Online Agar Cepat Sukses.

Lakukan optimasi SEO On-page

Ada banyak sekali strategi SEO yang bisa di implementasi ke website Anda. Salah satunya adalah dengan menyediakan konten berkualitas tinggi yang informatif dan relevan dengan kebutuhan target Anda.

Di sinilah Anda dapat meningkatkan meta description setiap web page yang muncul di bawah URL saat ditampilkan di halaman hasil pencarian Google. Implementasi SEO jenis ini dapat memakan waktu yang lama, tetapi hasil yang didapat bisa bertahan hingga waktu yang lama pula.

Terdaftar Di Situs Pencarian Penyedia Layanan

Untuk bisa menemukan perusahaan penyedia jasa web development terbaik di dunia. Anda bisa mencarinya di Google, daftar perusahaan (Business Directory List) yang dibutuhkan pun ada di sana.

Saat sedang dalam pencarian, pastikan website perusahaan Anda muncul. Ini adalah cara meningkatkan traffic website yang paling direkomendasi Google. Selain Google My Business yang terkoneksi dengan Google Maps.

Beberapa Business Directory yang dapat Anda gunakan untuk bisnis Anda yakni Yelp, Facebook, Foursquare, Instagram, Zomato, dan masih banyak lagi. Jika bisnis Anda mempunyai banyak review positif, maka peringkat website Anda akan semakin meningkat di mesin pencarian.

Membangun Backlink

Backlink adalah tautan dari website lain yang mengarah ke website Anda. Ini bisa anda dapatkan menggunakan berbagai cara. Jika situs tersebut berstatus influencer, maka traffic situs Anda akan banjir customer yang datang dari website mereka.

Untuk membangun backlink, anda bisa meminta salah satu situs blog ternama di bidang bisnis Anda untuk merekomendasikan bisnis Anda pada audiens mereka dan menautkan link pada website Anda.

Semakin banyak backlink yang mengarah ke website anda, peringkat website Anda akan semakin bagus di mesin pencarian. Sebab, Google mendeteksi adanya relasi baik yang dibangun antara bisnis Anda dan situs terkenal tadi.

Buat Landing Page Khusus

Jika Anda memiliki website bisnis di bidang jasa, Anda dapat membuat landing page yang menawarkan promo khusus untuk layanan Anda. Cara meningkatkan traffic website dengan cara yang satu ini yaitu dengan menjadikan landing page tersebut primadona website Anda.

Misalnya landing page khusus untuk pengguna baru, anda bisa mencantumkan testimoni pengguna lama. Dari sini, customer baru Anda tentu akan penasaran dengan bisnis Anda secara keseluruhan dan ingin menjelajahi web page Anda yang lainnya.

Target Keyword Long Tail

Keywords long tail pada saat ini sangat dimanfaatkan oleh para praktisi SEO sebagai salah satu cara meningkatkan traffic website. Sebab, pengguna search engine cenderung memiliki kebutuhan yang semakin spesifik.

Meskipun panjang, percaya atau tidak, Cara Riset Long Tail Keyword seperti ini yang sering mendapatkan banyak traffic yang relevan dengan bisnis terkait. Apalagi dengan adanya teknologi pencarian via suara atau Voice Search, perintah yang diucapkan sudah jarang hanya terdiri dari satu atau dua kata saja.

Email Marketing

Selain salah satu cara meningkatkan traffic website, mengirimkan penawaran khusus atau promo ke customer lewat email merupakan salah satu cara yang terbaik untuk menjalin relasi baik dengan pengguna internet.

Baca juga : Strategi Menggunakan Email Marketing Untuk Iklan

Anda bisa mengirim konten website Anda yang mungkin akan mereka sukai. Jangan lupa untuk menautkan link yang mengarah ke website Anda. Jika bisnis Anda merupakan website panduan, buatlah jadwal otomatis pengiriman email.

Menulis Konten Di Situs Populer (guest post)

Salah satu cara terbaik ketika ingin membangun backlink adalah dengan menulis konten di situs website ternama, dan menautkan website Anda di sana. Atau berkolaborasi dengan sesama blogger atau influencer di bidang yang sama untuk saling menuliskan guest blog.

Baca juga : Manfaat Mempelajari Blogwalking Yang Benar

Itulah tulisan artikel tentang cara meningkatkan traffic website secara gratis yang bisa Anda implementasikan pada bisnis Anda. Perlu Anda ketahui, setelah mengimplementasikan cara-cara di atas, traffic website Anda tidak akan langsung meningkat. Waktu maksimalnya baru akan terlihat setelah beberapa bulan kemudian. Selama itu, teruslah lakukan optimasi website Anda.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.